Published On: Sel, Apr 12th, 2016

Optimalkan Serapan Bulog, Kodim Tuban Bentuk Satgas Sergap

TUBAN

SERIUS : Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Sarwo Supriyo didampingi Kepala Bulog Divre III, Efdal saat rapat koordinasi bersama para rekanan di Gudang Bulog Tuban

SERIUS : Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Sarwo Supriyo didampingi Kepala Bulog Divre III, Efdal saat rapat koordinasi bersama para rekanan di Gudang Bulog Tuban

seputartuban.com – Dalam rangka meningkatkan daya serap Bulog terhadap hasil panen petani Kabupaten Tuban, Komandan Kodim 0811/Tuban Letkol Inf. Sarwo Supriyo membentuk Satgas Sergap. Hal itu disampaikan dalam pertemuan dengan pihak Bulog Sub Divre Wilayah III Bojonegoro dengan Mitra rekanan (suplier) di Gudang Bulog, Wire Tuban, Senin (11//4/2016).

Menurut Dandim salah satu upaya menyukseskan program swasembada pangan nasional adalah dengan dibentuknya Satuan Tugas Penyerapan Gabah “Satgas Sergab”. Dengan adanya Satgas tersebut, diharapkan penyerapan gabah dan beras dari petani oleh Bulog dapat maksimal.

“Kita berkewajiban mendorong untuk menyukseskan swasembada pangan. Target untuk Kabupaten Tuban tahun ini harus bisa menyerap 40.000 Ton beras dari petani,” ucap Dandim.

Dandim menambahkan, sesuai amanat Presiden RI Joko Widodo, pada tahun 2017 Indonesia akan mengekspor beras ke lima negara tetangga. “Maka diharapkan Indonesia akan surplus beras, caranya adalah dengan memaksimalkan produksi dan penyerapan beras dari petani,” jelas Sarwo.

Pembentukan Satgas Sergap tersebut diimbangi dengan pembuatan Posko, baik itu di Gudang Bulog maupun Makodim Tuban. Pembuatan Posko di Bulog sudah dilaksanakan, diperkuat 1 orang anggota sebagai piket yang bertugas menjaga keamanan dan mencatat keluar masuk beras atau gabah yang ada di Bulog.  “Petugas yang piket harus memonitor beras dari mana, punya siapa dan pastikan harus masuk ke gudang Bulog,” tegas Dandim.

Upaya ini dilakukan Kodim 0811 Tuban sebagai wujud keseriusan menjalankan tugas yang diamanatkan pemerintah. Yakni mewujudkan ketahanan pangan nasional.  “Ini adalah tugas kita semua agar cadangan beras nasional terpenuhi. Maka kita terus berupaya mengingatkan seluruh mitra agar tugas dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dengan kesadaran tugas masing-masing maka target bisa tercapai. Mari kita sukseskan swasembada pangan ini untuk kesejahteraan seluruh bangsa Indonesia,” pungkasnya. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author