Published On: Sab, Okt 10th, 2015

Optimalisasi Sosialisasi Pilkada Hingga Pedesaan

TUBAN

Komisioner KPU Kabupaten Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistiarini

Komisioner KPU Kabupaten Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistiarini

seputartuban.com – Untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, berencana akan melakukan sosialisasi hingga pedesaan. Hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui secara menyeluruh.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Penyebaran Informasi KPUK Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistyorini mengatakan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pihaknya akan mengoptimalkan sosialisasi. Masyarakat pedesaan dan utamanya para pemilih pemula.

“Kita akan turun ke desa-desa untuk menggelar sosialisasi dan juga di kantor kecamatan, agar partisipasi mayarakat lebih baik,” jelasnya, Jumat (09/10/2015).

Saat ini yang dilakukan melakukan sosialisasi dengan memasang alat peraga berupa spanduk dan banner. Yang dipasat di pusat –pusat pemerintahan maupun fasilitas publik yang ramai dikunjungi masyarakat.

Diketahui, untuk Pilkada 2011 lalu partisipasi masyarakat mencapai 76,84 persen, sedangkan Pemilu Legislatif 2014 mencapai 76 persen dan Pilpres 2014 mencapai 70 persen. Sehingga perlu adanya sosialisi agar partisipasi mayarakat dalam Pemilu tidak semakin menurun. “Partisipasi mayarakat itu sebagai indikator keberhasilan penyelenggara,” sambung Yayuk.

Sedangkan bagi masyarakat berkebutuhan khusus juga akan mendapatkan perhatian dari KPUK Tuban serta warga binaan Lapas Tuban. Hal itu akan dilakukan karena mereka juga memiliki hak memilih pemimpin Tuban. “Para penyandang cacat dan penghuni Lapas juga akan kita berikan sosialisasi, mereka juga mempunyai hak,” tegasnya.

Yayuk menambahkan, KPUD Tuban menargetkan untuk Pilkada tahun ini partisipasi mayarakat bisa mencapai 75 persen. Sehingga hal itu sebagai bukti kinerja dari penyelenggara untuk mensukseskan pemilu. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author