Published On: Ming, Des 25th, 2016

Optimalisasi Pemdes Rahayu Bangun Desa

seputartuban.com, SOKO – Penerimaan dana desa (DD) Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban digunakan sejumlah hal sesuai dengan usulan masyarakat. Dana yang dicairkan menjadi 2 kali itu sudah selesai dipakai untuk pembangunan desa.

SUDAH MULUS : Kondisi jalan lingkungan Dusun Kayunan yang sudah diperbaiki memudahkan warga dalam aktifitas

Kepala Desa Rahayu, Sukisno melalui Kaur Pembangunan, Wasito mengatakan bahwa seluruh pengerjaan pembangunannya sudah diselesaikan. Saat ini melakukan proses pelaporan ke Pemkab Tuban.  “Seluruh kegiatan pengerjaan ini sesuai hasil musyawarah dengan melibatkan warga yang telah disepakati saat Musrenbangdes lalu,” terangnya. kemarin.

Berdasarkan kebutuhan masyarakat, DD digunakan untuk perawatan dan peremajaan Masjid yang terletak di Dusun Kayunan. Pengerjaan ini meliputi pemasangan dan pengecatan plafon masjid, serta pemlesteran dinding masjid berikut pengecatanya.

Kemudian pembangunan saluran drainase dengan panjang pengerjaan mencapai 756 Meter, lebar 50 sentimeter, dengan kedalaman 50 sentimeter. Seluruhnya pengerjaan tersebut menggunakan U-dith atau material beton permanen berbentuk U dengan ketebalan mencapai 10 sentimeter. Sedangkan untuk menghubungkan antara saluran yang berada di bagian kanan dan kiri jalan, matrial yang digunakan adalah Box Culvert atau beton permanen berbentuk persegi dengan ketebalan sama.

Beton jenis tersebut dipilih sebagai bahan material utama dalam pembangunan saluran. Selain mudah dan mempercepat pembangunan pengerjaan karena pekerja tinggal melakukan pemasangan dan penyambungan.Beton jenis ini lebih kuat dan mampu berperan ganda.

Yakni selain mampu berperan dan berfungsi sebagai saluran dengan baik. Produk tersebut juga dapat berperan menjaga stabilitas kontur tanah agar tidak bergerak saat dilalui kendaraan, sehingga badan jalan tidak cepat rusak.

Sedangkan pengaspalan jalan, pengerjaanya sudah dilaksanakan diwilayah Jalan poros yang menghubungkan RT 04 RW 02 menuju RT 02 RW 03. Pengerjaan ini meliputi peninggian jalan mecapai 15 sentimeter. pengerasan jalan dengan ketinggian mencapai 15 sentimeter. Hotmix dengan ketebalan mencapai 3 sentimeter.

“Pengerjaan pertamanya sudah dilaksanakan sejak Kamis (23/6/2016) lalu. Sedangkan pengerjaan kedua sudah dilaksanakan sejak minggu awal  Nopember dengan masa pengerjaan selama 30 hari,” lanjut dia.

Penggunaan DD lainya digunakan untuk pemeliharaan jalan lingkungan disepanjang Dusun Gandu dengan panjang pengerjaan 250 meter, serta pelebaran jalan dari yang sebelumnya hanya memiliki lebar 2,5 meter dilebarkan menjadi 3 meter.

“Untuk sisa penggunaan anggaran itu digunakan untuk kegiatan pemberdayaan kemasyarakatan, biaya oprasional pemerintah desa meliputi pembelian ATK, gaji para perangkat, tunjangan BPD, Ketua RT, dan Ketua RW,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author