Published On: Rab, Sep 21st, 2016

Obati Impotensi dan Meningkatkan Sperma, Minum Saja Legen

TUBAN

seputartuban.com – Banyak hal yang dikenal dari Kabupaten Tuban, salah satunya adalah penghasil minuman Legen. Yakni hasil penyadapan getah pohon bogor yang tersebar disejumlah wilayah pinggiran kota. Ternyata minuman khas itu memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

Minuman Legen Yang Segar dan Menyehatkan

Minuman Legen Yang Segar dan Menyehatkan

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Saiful Hadi, menyampaikan air legen mengandung cairan isotonis yang sanggup menggantikan keluarnya cairan tubuh melalui keringat. Sehingga legen yang manis tersebut mampu memulihkan dehidrasi tubuh saat aktivitas berat.

“Selain itu menurut para ahli gizi dan pangan, Air Legen mampu memperbaiki fungsi ginjal, mengatasi gejala impotensi dan meningkatkan produksi sperma,” kata pria lulusan Unair fakultas kedokteran tersebut, Selasa (20/9/2016).

Dia melanjutkan, bahwa legen dipercaya dapat menjaga kesehatan fungsi ginjal. Bahkan ada beberapa jenis Legen yang bisa mengobati penyakit impotensi, walaupun tergantung dari kualitas pohonnya. “Jenis legen di Tuban ini mampu mencegah terjadinya penyakit impotensi,” lanjut Saiful.

Namun air legen tersebut tidak tahan lama karena dalam hitungan beberapa jam saja bisa mengalami proses fermentasi akibat aktivitas mikroba tertentu. Setelah lebih dari dua hari air legen akan mengandung alkohol dan menjadi sangat memabukkan. “Paling lama bertahan sampai dua hari, itupun dengan proses penyimpanan yang tepat dan baik, selebihnya akan berubah jadi memabukkan,” jelasnya.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam memilih atau meminum air legen. Pasalnya banyak juga penjual air legen yang telah mencampurnya dengan bahan lain, bukan air nira murni. Banyak legen dijual dengan ditaruh di wadah bambu, atau botol bekas. Sehingga perlu dimasak atau dihangatkan dahulu agar kuman mati. “Perlu cermat dalam mengonsumsi, teliti kebersihan pedagangnya dan kemurnian air legennya,” himbaunya.

Bagi ibu hamil, dianjurkan tidak minum air legen secara berlebihan atau maksimal sehari tiga gelas. Karena mengonsumsi air legen dalam jumlah yang banyak berdampak buruk pada janin bayi. “Sebenarnya juga menyehatkan namun jika berlebihan punya dampak buruk pada janin,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author