Published On: Kam, Des 10th, 2015

Nyoblos di Kradenan Dapat Kambing

PALANG

Kambing Pemilu : Inilah kambing yang menjadi hadiah utama di TPS 1 Desa Kradenan, Kecamatan Palang untuk menarik minat masyarakat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilukada, Rabu (9/12/2015)

Kambing Pemilu : Inilah kambing yang menjadi hadiah utama di TPS 1 Desa Kradenan, Kecamatan Palang untuk menarik minat masyarakat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilukada, Rabu (9/12/2015)

seputartuban.com – Untuk meningatkan partisipasi pemilih, Pemerintah Desa Kradenan, Kecamatan Palang dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 menyediakan hadiah kambing. Setiap pemilih yang nyoblos Cabup-Cawabup Pemilukada 2015, Rabu (9/12/2015) mendapatkan kupon untuk diundi usai penghitungan suara.

Kambing sebagai hadiah utama, sedangkan hadiah hiburan disediakan berbagai perlengkapan rumah tangga. “Door price utamanya adalah seekor kambing. Sedangkan untuk hadiah hiburanya ada beberapa peralatan dapur seperti jam dinding, payung, satu set gelas, satu set mangkok, dan satu set piring,” ungkap Ketua KPPS TPS 1, Suasrip. Rabu, (9/12/2015) Sore.

Tak hanya itu, panitia juga mendekorasi TPS lebih berbeda. Pintu masuk dan keluar TPS didekorasi layaknya sebuah tempat resepsi pernikahan. Sedangkan langit dalam kawasan TPS dipajang sejumlah burung kontes. Sehingga sepanjang coblosan kicauan burung selalu terdengar.

Burung jenis Love Bird, Kenari, Murai, Betet, Nuri dan Burung jalak saling berkicau. Hal ini menambah suasana makin nyaman.

Upaya panitia ini nampaknya cukup berhasil. Dari total DPT 639 pemilih, 465 diantaranya menyalurkan hak pilihnya. Hasil pungutan suara di TPS kreative itu pasangan Hudanoor unggul dengan memperoleh 239 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 2, Zadit memperoleh 190 suara. Sedangkan 36 surat suara hasil coblosan pemilih dinyatakan tidak sah.

“Sesuai jumlah seluruh surat suara yang telah kami hitung, untuk hasil pemilihanya dimenangkan oleh pasangan Hudanoor,” pungkas Suasrip.

Upaya menyediakan hadiah undian dilakukan sebagian besar KPPS di Kabupaten Tuban. Namun hadiah yang disediakan beragam, dari yang nilainya murah diantaranya perlengkapan mandi, kopi sachet hingga perlengkapan rumah tangga.

Upaya ini dilakukan untuk mendongkrak kemauan masyarakat agar menggunakan hak pilihnya. Karena sudah menjadi rahasia umum, beberapa hari sebelum pelaksanaan pungutan suara tidak ada politik uang. Hanya ada pembagian kerudung kepada komunitas tertentu.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author