Published On: Rab, Nov 13th, 2019

Ngopi Saat Jam Sekolah, 25 Siswa Diamankan Sat Pol PP

seputartuban.com, TUBAN – Dalam rangka razia atau operasi “Kasih Sayang” yang dilakukan rapat gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Polri, TNI dan Cabang Diknas Provinsi Jatim, Rabu (13/11/2019) mengamankan puluhan siswa. Mereka kedapatan berada di sejumlah warung kopi saat jam pelajaran masih berlangsung.

TIDAK BERKUTIK : Salah satu suasana operasi sayang sedang mendapati siswa yang berada di warung saat jam pelajaran

Kasi Operasi dan Pengendalian, Sat Pol PP Kabupaten Tuban, Joko Herlambang mengatakan saat penertiban dilakukan, siswa berhubungan melihat kedatangan petugas. Bahkan ada siswa yang hingga bersembunyi di kamar mandi agar terhindar sergapan petugas. Namun tidak kalah cerdik, mereka tetap dapat diamankan dan dibawa ke kantor Sat Pol PP. “Tadi pas kami datang disalah satu warung kopi, membuat para siswa berhamburan bahkan ada yang bersembunyi,” katanya.

Dari penertiban itu, petugas mengamankan total 25 siswa dari tempat nongkrongnya saat jam pelajaran. “Pada gelar operasi sayang ini kita berhasil mengamankan kurang lebih 25 pelajar,” jelasnya.

Untuk memberikan efek jera, para siswa dibawa ke kantor Sat Pol PP untuk menerima pembinaan. Serta memanggjl pihak sekolah agar turut serta membina lebih lanjut. “Kami harap pihak sekolah berperan aktif dalam mengawasi anak didik mereka, karena jam pelajaran, seluruh siswa-siswi yang dititipkan orang tuanya di sekolah adalah tanggung jawab penuh pihak sekolah,” harapnya.

Sementara itu, Bidang SMP Bagian Kurikulum, Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Yatemo mengaku bahwa dalam kegiatan Operasi Kasih Sayang ini sengaja dilakukan untuk memberi efek jera kepada para siswa yang bolos saat jam pelajaran berlangsung. “Yang punya siswa adalah kami, paling tidak dalam kegiatan ini bisa memberi efek jera kepada siswa kami dan dapat meminimalisir kenalan pelajar,” terangnya.

Untuk itu pihaknya akan memanggil pihak sekolah, baik dari kesiswaan maupun Bimbingan Konseling (BK) untuk dilakukan pembinaan lanjutan. “Mereka yang terjaring akan kami kembalikan lagi kepada pihak sekolah untuk dilakukan pembinaan lanjutan,” pungkasnya.

Diketahu ke 25 siswa yang diamankan tersebut dari 8 sekolah. Yakni dari SMPN 4 Tuban sebanyak 7 siswa, SMPN 3 Semanding sebanyak 3 siswa, dan siswa MTsN 3 Tuban diamankan 1 siswa. Tak hanya itu, dari SMKN 1 Tuban 1 pelajar. SMAN 4 Tuban ada 1 siswa, SMK TJP sebanyak 5 siswa, SMK YPM ada 1 siswa, SMK PGRI 1 Tuban diamankan 1 siswa, SMK PGRI 2 Tuban ada 1 siswa, dari SMK Pelayaran Muhammadiyah diamankan 2 siswa. Serta dari SMK Pelayaran Kristen terdapat 1 siswa. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos