Published On: Rab, Feb 26th, 2014

Nelayan Melaut Paling Jauh 5 Mil Dari Bibir Pantai

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Meski belum sepenuhnya cuaca laut normal, namun sudah membuat para nelayan berani melaut. Karena mereka memiliki perhitungan sendiri, yakni saat melaut tidak melebihi 5 mil dari bibir pantai.

Nelayan Tuban

KEMABALI NORMAL : Aktivitas nelayan di Pantai Tuban

Menurut salah satu nelayan di Kelurahan Kingking, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Slamet (30), Selasa (25/2/14), mengatakan  dia sudah kembali beraktifitas melaut. Karena perhitunganya kondisi ombak tidak lagi membahayakan keselamatan jiwanya.

Aktivitas melaut ini mulai sepekan lalu, karena permintaan ikan terus meningkat. Selain itu, dengan tidak dapat mencari ikan, membuat para nelayan terkendala perekonomianya. “mumpung cuaca sudah kembali normal, maka kita harus segera melaut,” ujarnya.

Leo, panggilan akrab Slamet menambahkan bahwa dirinya berani melaut dengan jarak 4 mil sampai 5 mil dari bibir pantai. Karena jika jarak melebihinya kondisi ombak masih membahayakan keselamatan jiwa. Padahal jika kondisi normal, dia bisa melaut sampai sejauh 9 mil dari bibir pantai. “meski kita melaut belum berani ketengah, semoga saja setelah beristirahat panjang mendapatkan rejeki yang banyak,” harapnya.

Akibat cuaca ekstrim beberapa waktu lalu, membuat nelayan tidak beraktifitas dilaut. Sebagian besar nelayan memilih memperbaiki perahu, dan memperbaiki peralatan tangkap ikan lainya. Bahkan ada yang menarik becak untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. (am)

Facebook Comments

About the Author