Published On: Jum, Des 25th, 2015

Natal 2015 Semakin Menguatkan Keharmonisan Masyarakat

TUBAN

Pendeta GKJ Tuban, Lilik Kristiawan

Pendeta GKJ Tuban, Lilik Kristiawan015

seputartuban.com – Gereja Kristen Jawa di Tuban terus membangun kedamaian lingkungan. Keharmonisan masyarakat untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama. Warga Tuban masih sangat mudah dalam menjalankan keharmonisan lintas agama.

Pendeta GKJ Tuban, Lilik Kristiawan mengatakan masyarakat sekitar gereja dinilai sangat ramah dan terbuka dengan perbedaan keyakinan. Hal itu sangat dirasakan hingga perayaan Natal 2015 ini. Bukan sekedar sikap saling menghormati saja. Lebih dari itu, warga selain menyampaikan ucapan juga turut membantu dalam menyiapkan perayaan natal.

“Warga disekitar sini juga ramah dan terbuka dengan kami. Walaupun beda keyakinan. Bahkan banyak warga muslim disini yang membuat pohon Natal serta ucapan untuk Gereja kami,” katanya, Rabu (24/12/2015).

Menyikapi masih terdapat kejadian aksi kekerasan dan perilaku warga yang menyimpang di Tuban, dia menegaskan bukan persoalan agama. Namun lebih banyak disebabkan karena persoalan ekonomi dan sosial lainya.

Dengan pesan damai Natal diharapkan dapat diaplikasikan para jemaatnya. Sehingga akan memberikan pengaruh positif kepada lingkungan sekitarnya masing-masing. “Yang terpenting bagaimana pemerintah bisa mengentas kemiskinan. Saat ini aksi kekerasan dan perilaku sosial yang negatif lainnya banyak terjadi sebenarnya bukan karena perbedaan agama. Tetapi lebih karena masalah ekonomi yang mengakibatkan kecemburuan sosial dan lainnya,” tegasnya.

GKJ Tuban selalu menjaga adat dan kebudayaan Jawa, tak terkecuali pada perayaan Natal 2015 ini. Selain menjunjung tinggi warisan budaya leluhur juga menguatkan pesan moral melalui budaya jawa yang harus tetap dilestarikan.

“Dalam natal kali ini kita juga mengajak seniman tongklek dan wayang mbeling (wayang anekdot /humor dan mengkritik) yang ada di Tuban untuk ikut serta meramaikan Natal, sekaligus nguri-nguri kabudayaan Jawa,” jelasnya.

Pendeta ke 4 GKJ Tuban itu berharap dengan terpilihnya Fathul Huda dan Noor Nahar Hussein untuk memimpin Kabupaten Tuban 5 tahun lagi dapat meningkatkan kerukunan antar umat beragama. “Dengan ini, kami juga berharap pemerintah untuk bisa menciptakan kerukunan antar umat beragama. Kedepan semoga Bupati dan wakilnya, tetap sudi memperhatikan ini,” harapnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author