Published On: Sat, Apr 13th, 2013

Naskah UN Disimpan Di Mapolres Tuban

Share This
Tags

TUBAN

Naskah UN Tuban

DIAMANKAN : Naskah UN yang tersimpan di Mapolres Tuban dikunci

seputartuban.com – Naskah Ujian Nasional (UN) sebanyak 185 dus telah sampai di Mapolres Tuban, Kamis (11/04/2013) malam.

Sebelumnya, naskah telah diambil dari Mapolda Jatim, dengan menggunakan kendaraan Box. Pengambilan didampingi oleh perewakilan Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora), Pemkab Tuban dan pihak kepolisian.

Dokumen negara tersebut, sebanyak 185 dus berisi seluruh naskah UN. Yang akan dipergunakan untuk UN siswa tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama. (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dalam setiap dus berisi beberapa naskah dan pelajaran. Seperti untuk SMA / SMK, terdapat berbagai jurusan. Selain itu, juga terdapat 5 dus berisi kaset yang digunakan ujian listening pelajaran Bahasa Inggris.

Setelah semua dus naskah disimpan di Mapolres Tuban, pintu di kunci sebanyak 3 kali. Kunci pertama dibawa oleh pihak Disdikpora, sedangkan kunci ke 2 dibawa pihak kepolisian dan ke 3 dibawa pihak pengawas UN Kabupaten.

Direncanakan pada senin (15/04/2013) naskah untuk tingkat SMA akan didistribusikan. Sedangkan naskah lainnya sesuai jadwal ujian setipa tingkat sekolah.

DISIMPAN : Kepolisian, Disdikpora dan Pengawas UN menandatangai berita acara penyimpanan naskah

DISIMPAN : Kepolisian, Disdikpora dan Pengawas UN menandatangai berita acara penyimpanan naskah

Kasat Binmas Polres Tuban, AKP Bambang Sugianto saat dikonfirmasi di kantornya Jum’at (12/04/2013) mengatakan penjagaan naskah selama 24 jam. Alasannya merupakan salah satu dokumen negara. Ruangan penyimpangan tidak boleh terkontaminasi. Adapun yang diperbolehkan masuk adalah petugas khusus yang sudah menjalani sumpah untuk menjaga kerahasiaan. Panitia UN dari Disdikpora dan pihak Kepolisian.

“Didalam ruangan tidak boleh di dokumentasi. Itu sudah dalam Standart Operasionalnya. Meskipun wartawan juga tidak boleh, dikhawatirkan naskah akan tergandakan, ” ungkapnya.

Diketahui bahwa pembagian naskah UN untuk tingkat SD sebanyak 18.300 naskah, tingkat SMP sebanyak 15 200. Naskah dan tingkat SMA sebanyak 42.977. Sedangkan naskah untuk paket A, paket B dan paket C sejumlah 1.200. (han)

About the Author