Published On: Kam, Feb 18th, 2016

Nasib Wisata Kambang Putih Masih Merana

JENU

Salah satu sudut terminal wisata tuban (TWT) yang belum oprimal kegunaanya

TERBENGKALAI : Salah satu sudut terminal wisata tuban (TWT) kambang putih yang belum oprimal kegunaanya

seputartuban.com – Rencana pengembangan wisata laut di kompleks Terminal Kambang Putih masih mengambang. Karena belum ada investor yang memastikan diri siap mengembangkanya. Bahkan salah satu perusahaan yang sebelumnya pernah menjalin komunikasi, juga belum menyampaikan kepastian kerjasamanya.

PT Cahaya Ananta sebelumnya sudah menjalin komunikasi dengan Pemkab Tuban. Investor yang juga mengelola Juwana Water Fantasy (JWF) itu rencananya akan meremajakan Kambang Putih. Diantaranya fasilitas bisokop tiga dimensi (3D), live musik, waterboom, sepeda air, bom-bom car serta wahana permainan air lainya. Namun rencana itu hingga saat ini belum dapat dipastikan.

Kabag Humas dan Media Setda Kabupaten Tuban, Teguh Setyobudi mengaku Pemkab Tuban sudah menawarkan kesejumlah investor. Namun potensi wisata Kambang Putih beum banyak dilirik pemodal. “Terkait itu, Pemkab sudah tawarkan ke sejumlah investor, hanya saja hingga kini belum ada yang bersedia dan deal,” katanya, Selasa (16/2/2016).

Dia menjelaskan, ada banyak pertimbangan yang disampaikan investor terkait keraguannya menanamkan investasi untuk pengembangan wisata di Tuban itu. “Yang jelas mereka memiliki pertimbangan berdasarkan analisa bisnis,” tegasnya.

Sementara itu, jika pengembangan wisata dikelola langsung oleh Pemkab Tuban, maka terkendala terbesar adalah biaya. Karena APBD akan habis untuk pengembangan wisata, sedangkan program pro rakyat lainya harus jalan. “Masih banyak yang lebih di prioritaskan, seperti infrastruktur,” sambungnya.

Jika tidak ada investor, yang dilakukan Pemkab adalah menggunakan APBD secukupnya dengan melakukan pengembangan secara perlahan. “Jika memang sulit menarik investor, praktis pemkab akan melakukan pengembangan secara perlahan dan mandiri,” pungkasnya.

Diketahui, saat ini destinasi wisata tersebut memang sudah terdapat sejumlah fasilitas. Diantaranya, kolam renang anak anak, kolam renang umum, dan terdapat panggung untuk hiburan. Namun fasilitas penunjang lainnya seperti mainan anak-anak masih mangkrak dan belum berfungsi maksimal. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author