Published On: Sab, Apr 26th, 2014

Nasib 429 Tenaga Honorer K2 Belum Jelas

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Sebanyak 429 Tenaga Honorer yang masuk dalam Kategori-2 (K2), dari tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis yang tidak lulus dalam tes rekrutmen CPNS 2013 nasibnya masih belum jelas.

Pengumuman K2 Tuban

MERANA : Tenaga K2 saat melihat pengumuman kelulusan CPNS di Kantor BKD Tuban

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tuban, M. Nur Hasan mengatakan bagi tenaga K2 yang tidak lulus tes masih belum ada solusinya. “Untuk sisanya oleh Menpan akan diselesaikan secara bertahap. Namun dengan cara bagaimana dan kapan belum ada kepastiannya, kita hanya diberi keterangan begitu saja,” jelas Nur Hasan, Sabtu (26/4/2014).

Sementara untuk mengatasi kekurangan pegawai, setiap SKPD diharapkan bisa mendayagunakan tenaga PNS yang ada. Sebab saat ini sudah tidak diperbolehkan mengangkat pegawai lagi, meskipun tenaga honorer. Hal ini sesuai Peraturan Pemerintah nomor 48 tahun 2005, tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon PNS.

Didalam pasal 9 PP nomor 48 tahun 2005 disebutkan, bahwa sejak ditetapkannya PP itu, semua pejabat pembina kepegawaian dan pejabat lain di lingkungan instansi pemerintahan dilarang mengangkat tenaga honorer atau yang sejenis.

“Jika ada yang melakukan pengangkatan tenaga baru itu bukan urusan BKD, kita tetap sesuai dengan aturan yang ada. Kita tidak berani menjamin mereka masuk dalam CPNS atau diberikan gaji dari Pemerintah Daerah. Mereka menjadi tanggung jawab instansi atau lembaga yang mengangkatnya,” tegas Kepala BKD Tuban. MUHLISIN

Facebook Comments

About the Author