Published On: Jum, Jan 8th, 2016

Musim Tanam Masyarakat Ramai Jual Emas

Share This
Tags

TUBAN

RAMAI JUAL : Aktivitas penjualan emas di salah satu toko kawasan Jalan Basuki Rahmat Tuban

RAMAI JUAL : Aktivitas penjualan emas di salah satu toko kawasan Jalan Basuki Rahmat Tuban

seputartuban.com – Memasuki musim tanam padi, masyarakat ramainya ramai menjual emasnya. Mereka membutuhkan modal untuk memulai aktivitas pertanian. Kondisi ini menyebabkan aktivitas toko emas lebih banyak membeli dari pada menjual barang daganganya.

Salah seorang pengusaha toko emas di Jalan Basuki Rahmat Tuban, Gunawan mengatakan transaksi jual mulai ramai selama beberapa pekan terakhir. Kondisi ini hampir dapat dipastikan tiap tahun terjadi. Saat memasuki musim tanam, masyarakat banyak yang menjual emasnya. “Belakangan ini mulai ramai mas, semenjak akhir desember lalu,” katanya, Kamis (7/1/2016).

Masyarakat lebih memilih menjual perhiasanya yang dibeli saat musim panen lalu. Daripada harus berhutang kepada rentenir. “Karena sekarang musim tanam, petani akan menjual kembali perhiasan yang dimiliki,” sambungnya.

Banyaknya warga yang menjual emasnya selain dipengaruhi musim tanam, juga masuk sekolah usai liburan semester. Para orang tua butuh pendanaan keperluan sekolah. “Selain itu, orangtua yang memiliki anak sekolah juga banyak menjual emas biasanya untuk membeli kebutuhan sekolah,” tandasnya.

Anton Wijaya (46), pengusaha emas lainya mengaku harga perhiasan realtif stabil. Dengan banyaknya aktifitas penjualan oleh masyarakat dimungkinkan akan mempengaruhi harga emas turun. “Harga emas muda di kisaran Rp. 250.000. Sedang harga beli dari kami kisaran Rp. 200.000. Emas tua dikisaran harga Rp. 400.000 dan harga beli kami kisaran Rp. 360.000,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author