Published On: Ming, Jun 26th, 2016

Musim Panen Pedagang Jajanan Lebaran

JATIROGO

seputartuban.com – Menjelang lebaran, banyak pedagang aneka camilan dan kue mulai menyiapkan ragam dagangan khas sajian lebaran. Banyaknya permintaan masyarakat, menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang jajanan tersebut.

LARIS : Penjual kue kering untuk lebaran kebanjiran order

LARIS : Penjual kue kering untuk lebaran kebanjiran order

Pedagang Camilan Pasar Jatirogo, Rukmini mengatakan sudah sejak dua pekan yang lalu dirinya mulai menjajakan aneka jajanan khas lebaran. “Saat hari biasa saya menjual cemilan atau kue dengan macam jenis yang seadanya. Namun saat menjelang lebaran, saya menambah jumlah dan berbagai macam jenis jajanan yang sesuai untuk lebaran,” katanya, Minggu (26/6/2016).

Jenis jajanan yang ramai dicari pembeli adalah aneka jenis kue kering dalam kemasan. Kemudian, aneka jajanan untuk anak juga banyak dicari orang. “Beragam cemilan dan jajanan anak ini dipilih karena tahan lama. Jadi banyak orang yang mempersiapkan jajanan untuk lebaran, jauh jauh hari sebelum lebaran tiba,” lanjutnya.

Banyaknya orang jauh hari sebelum lebaran sudah membeli aneka jajanan, karena saat mendekati lebaran pembeli naik tajam. Dikhawatirkan tidak kebagian kue lebaran tersebut.

“Kondisi ini terkadang menyebabkan sebagian orang tidak kebagian barang yang diinginkan karena stoknya sudah habis. Bahkan sejak jauh hari mereka sudah mulai memesan,” jelasnya.

Pedagang kue lebaran, saat ini masa panen. Dibanding hari biasa pendapatanya naik hingga 200 persen. “Saat menjelang lebaran, khususnya seminggu sebelum hari-H, saya bisa mendapat untung dua kali lipat lebih dari hari biasa,” ungkap Rukmini.

Walaupun saat menjelang lebaran banyak pesanan, dirinya mengaku tetap memasang harga yang sama seperti pada hari hari biasa. “Disini, harga makanan ringan sudah standar. Harganya sama saja, baik saat lagi sepi maupun saat ramai pembeli,” tutupnya.

Tidak hanya pedagang tetap, momentum seperti ini juga banyak dimanfaatkan pedagang jajanan lebaran musiman. Salah satu pedagang di Jatirogo, Galuh Endah, mengatakan dirinya mulai menjual aneka macam jajanan lebaran sudah seminggu yang lalu.

“Sekitar seminggu yang lalu kami sudah menyediakan aneka macam jajanan untuk lebaran. Pada hari biasa kami hanya menjual aneka pernak pernik dan asesoris wanita,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author