Published On: Sel, Nov 26th, 2013

Musim Panen Mangga, Lebih Menguntungkan Dijual Sendiri

Share This
Tags

BANCAR

seputartuban.com – Waktu musim panen mangga ini, banyak warga yang memilih menjual langsung kepada konsumen. Dibanding dibeli oleh para tengkulak yang keliling kampung. Pasalnya saat ini harga mangga dipasaran relative tinggi dibanding harga dari para tengkulak.

mangga Tuban

MANIS : Mangga lebih menguntungka dijual langsung dari pada dibeli tengkulak

Suparmi (53), warga Desa Pugoh, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, saat dikonfirmasi Minggu (24/11/2013) mengatakan dia lebih untuk menjual mangganya ke pasar dari pada diborong oleh tengkulak. “kalau diborong uangnya lebih sedikit. Lebih baik saya jual langsung, karena panen mangga sekarang tidak begitu banyak. Jadi harganya masih lumayan,” ungkapnya.

Jika dibandingkan, 5 pohon mangga hanya dibeli tengkulak dengan harga Rp. 700 ribu dengan jumlah 14 karung atau sekitar 1 kwintal.  Namun jika dia ke pasar dan menjual langsung kepada konsumen mampu mendapatkan Rp. 1 juta. “sudah 1 minggu ini saya julan mangga di pasar, hasilnya lebih banyak,” jelasnya.

Mangga ukuran kecil dijual dengan harga Rp. 1.500 dan ukuran lebih besar dijual Rp. 2.000 per-buah. “sehari bisa menjual satu setengah sampai 2 karung. Mangga gadung juga banyak disenangi orang,” pungkasnya. (jib)

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author



Berita Terkini

Videos