Published On: Sen, Mar 7th, 2016

Musim Hujan dan Banjir Berkah Bagi Bengkel

JATIROGO

LARIS : Salah satu bengkel sepeda motor di Kecamatan Jatirogo sedang kebanjiran order

LARIS : Salah satu bengkel sepeda motor di Kecamatan Jatirogo sedang kebanjiran order

seputartuban.com – Musim penghujan sekaligus banjir, membuat rata-rata bengkel motor kebanjiran order. Banyak motor perlu perawatan karena dampak cuaca tersebut.

Terlihat di salah satu bengkel motor di Desa Wotsogo, Kecamatan Jatirogo, banyak motor mogok atau bermasalah antri untuk menunggu jatah perawatan. “Biasa memang, kalau musim hujan banyak kendaraan masuk bengkel. Apalagi jalanan sering tergenang,” kata Rohman (24), salah satu montir.

Dia mengaku, bengkel tempat ia bekerja dimusim penghujan ini bisa capai tiga kali lipat pengunjung dari hari hari biasa. “Dihari biasa umumnya hanya ada sekitar 8 sampai 15 motor perharinya yang masuk bengkel kami. Namun saat musim banjir seperti saat ini bisa capai tiga kali lipatnya,” jelasnya, minggu (6/3/2015).

Hal serupa juga terjadi disalah satu bengkel motor di dekat pasar Bangilan. Rudi (61), pemilik bengkel menyampaikan saat ini bengkelnya juga ramai order. Keluhan paling banyak adalah karburator dan filter udara. Sedangkan model motor terkini, injeksinya sering mampet.

“Jika air masuk ke dalam ruang karbu efeknya motor mbrebet bahkan bisa mogok. Yang lebih bahaya lagi jika motor injeksi didalam tangkinya kemasukan air, bisa bisa fuel pump macet injektor mampet,” katanya, Senin (7/3/2016).

Jika air masuk didalam ruang mesin, untuk motor karburator maupun motor injeksi nasibnya sama, mesin motor bisa ambrol, dan bisa menghabiskan uang banyak untuk membenahi. Air biasanya air masuk kedalam ruang mesin melalui lubang udara di crankcase. Biasanya selang itu disalurkan ke bok filter udara, sehingga kasus air masuk kedalam mesin biasanya terjadi saat motor melewati banjir atau genangan air tinggi saja.

“Kasus yang banyak terjadi adalah piston jadi ngejem (macet). Stang piston (crankshaft) jadi bengkok, bearing-bearing dimesin jadi macet bahkan noken as dan pelatuk jadi aus. Jika semua itu terjadi namanya mesin ambrol,” jelasnya.

Dan masih ada beberapa kerusakan kerusakan lain akibat air hujan. Sehingga kondisi jalanan sering banjir membuat mayoritas order di bengkel motor naik tajam. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author