Published On: Sel, Jun 7th, 2016

Mulai Tahun Ini, Guru Belum Sarjana Tidak Boleh Mengajar

TUBAN

seputartuban.com – Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 disebutkan mulai 2016 bagi guru yang belum lulus strata 1 (S1) atau diploma 4 (D4) tidak berhak mengajar, tapi bagi mereka yang telah bersertifikasi tapi belum S1 masih bisa mengajar.

Kasi Penma Kemenag Tuban, M. Muhlisin Mufa

Kasi Penma Kemenag Tuban, M. Muhlisin Mufa

Kasi Pendidikan Madrasah, Kemenag Tuban, M. Muhlisin Mufa mengatakan, hal itu sudah sesuai dengan regulasi yang ada dan mereka yang belum berijazah S1 sudah diberikan kesempatan selama 10 tahun. Bila dalam waktu yang telah diberikan mereka masih belum S1 maka secara sendirinya data mereka tidak ada status pendidik. “Saat ini pendataan guru memakai sistem online yaitu Simpatika, maka secara otomatis bila mereka belum S1 tidak terdaftar sebagai pendidik,” katanya, Senin (6/6/2016).

Selain tertuang dalam undang-undang juga telah diterbitkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 74 tahun 2008 tentang guru, terutama dalam pasal 4, 5, 6 dan 66 dijelaskan bagi guru yang belum S1 atau D4, namun telah berumur 50 tahun keatas dan telah mengabdi minimal 20 tahun, maka ditahun 2009 dan 2010 lalu boleh mengikuti serifikasi. Selain tidak diakui sebagai pendidik atau guru, mereka juga tidak lagi mendapatkan tunjangan fungsional.

Sebab persyaratan untuk mendapatkan tunjangan tersebut harus sudah S1 dan memiliki sertifikat pendidikan bagi yang berijazah SMA atau sudah sertifikasi. “Ada sekitar 10 persen guru kita yang belum berijazah S1, tapi mereka sudah banyak yang menempuh pendidikan S1,” jelasnya.

Muhlisin menambahkan bahwa diharapkan bagi guru yang sudah bersertifikasi lebih meningkatkan kompetensinya. Dengan mengikuti pelatihan sehingga kualitas yang dihasilkan lebih meningkat dan sesuai dengan harapan masyarakat. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author