Published On: Rab, Des 24th, 2014

Mulai Tahun Baru Polisi Akan Tilang Knalpot Blong

TUBAN

LANGSUNG DITILANG: Setiap tahun baru para remaja selalu merayakannya dengan melakukan konvoi, trek trekan dan pawai dengan memakai motor yang knalpotnya sengaja diblong

LANGSUNG DITILANG: Setiap tahun baru para remaja selalu merayakannya dengan melakukan konvoi, trek trekan dan pawai dengan memakai motor yang knalpotnya sengaja diblong

seputartuban.com-Untuk memberikan rasa nyaman bagi pengguna jalan serta memaksimalkan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan  jalan, Polres Tuban tidak akan lagi bersikap permisif terhadap sepeda motor dengan knalpot blong, tanpa spion serta komponen lainnya.

Pemberlakuan tersebut akan mulai dilakukan tanpa tebang pilih bersamaan perayaan pergantian tahun 2015 mendatang, di seluruh jalanan Kabupaten Tuban. Berkaitan itu Kapolres Tuban AKBP Ucu Kuspriyadi, mengingatkan polisi akan menindak tegas para pengendara motor yang memakai kenalpot blong saat merayakan tahun baru.

“Kita memotovasi semua pihak agar ikut menjaga keamanan dan ketertiban dalam perayaan tahun baru. Sehingga semua masyarakat bisa merayakannya dengan rasa aman dan tenteram,” kata Ucu, Rabu (24/12/2014) siang.

TILANG R-2Dia mengungkapkan, setiap tahun baru para remaja selalu merayakannya dengan melakukan konvoi, trek trekan dan pawai dengan memakai motor yang knalpotnya sengaja diblong, sehingga membuat bising warga lain yang ikut menyongsong malam old and new.

Direncanakan untuk kawasan sekitar Alon-alon Tuban akan diseterilkan dari semua kendaraan, sehingga masyarakat bisa merayakan tahun baru dengan nyaman.

Menurut dia, khusus pengamanan tahun baru Polres Tuban akan menurunkan sebanyak 788 personil yang terdiri 584 polisi, 30 TNI, 36 Banser serta 30 anggota Satpol PP serta dari beberapa instansi terkait.

“Bagi pengendara motor yang memakai kenalpot blong akan kita amankan berserta kendaraannya. Juga akan  kita panggil orangtuanya serta kendaraannya harus dikembalikan sesuai dengan standarnya,” tegas Ucu.

Berkaitan itu, dia mengimbau agar masyarakat merayakan tahun baru dengan tertib, tidak ada arak-arakan maupun pawai terutama memakai sepeda motor yang berknalpot blong.

“Kita sudah melakukan sosialisasi melalui Babinkamtibmas. Kemarin polsek-polsek jajaran sudah mengumpulkan para bengkel motor untuk diberikan penekanan agar tidak melayani pemasangan knalpot blong,” papar Ucu. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author