Published On: Jum, Agu 19th, 2016

Mulai September, BPPT Terapkan Sistem Pelayanan Online

Share This

TUBAN

seputartuban.com – Dengan terus meningkatnya jumlah pemohon perizinan di Kabupaten Tuban, membuat Badan Pelayanan dan Perijinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Tuban meningkatkan pelayananya. Mulai September 2016 akan dijalankan pengurusan izin secara online.

Sony Kurniawan, Sekretaris BPPT

Sony Kurniawan, Sekretaris BPPT

Sekretaris BPPT Tuban, Sony Kurniawan mengatakan perizinan terpadu secara online tersebut rencananya akan diterapkan mulai september tahun 2016. “Kita akan menerapkan sistem online. Rencananya mulai bulan september tahun ini,” ujarnya, kemarin.

Sistem online tersebut dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus perizinan. Sehingga masyarakat tidak perlu repot datang ke kantor BPPT untuk mengurus izin, cukup melalui jaringan internet.

Menurut pengamatannya, banyak masyarakat menilai bahwa mengurus perizinan itu merepotkan, sehingga pihaknya berencana menerapkan sistem perizinan secara online. “Sistem perizinan online ini merupakan salah satu upaya kita agar masyarakat tidak enggan mengurus perizinan di BPPT,” lanjut Sony.

Diharapkan, perencanaan sistem tersebut bisa selesai sesuai jadwal. Sehingga masyarakat bisa segera menggunakan fasilitas itu. Jumla izin yang dikeluarkan Pemkab Tuban selama tahun 2014 mencapai 5.393 izin. Tahun 2015 sebanyak 4.270 izin. Sedangkan semester pertama 2016 ini mencapai 2 ribu izin lebih.

Anggaran yang dikeluarkan untuk pengadaan aplikasi sistem pelayanan tersebut tidak sedikit. Yakni sebesar Rp. 50 Juta, itu belum termasuk pengadaan peralatan komputer jaringan yang mencapai Rp. 200 juta dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kab. Tuban tahun 2016. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author