Published On: Jum, Jun 24th, 2016

Mulai H-5 Lebaran Angkutan Barang Dilarang Melintas

TUBAN

seputartuban.com – Mulai H-5 sampai H+3 lebaran, angkutan barang barang dilarang melintas. Hal itu menindak lanjuti surat edaran dari Kementrian Perhubungan tentang pengaturan lalu lintas, larangan pengoprasian kendaraan angkutan barang dan penutupan jembatan timbang pada  masa angkutan lebaran Tahun 2016 / 1437 Hijriah.

Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad

Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad

Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad menjelaskan angkutan barang dilarang melintas sejak Jumat (1/7/2016) sampai Minggu (10/7/2017), sesuai SE Kemenhub No. SE/22/Tahun/2016. “Para pengemudi kendaraan angkutan barang dilarang mengoprasikan kendaraanya. Hal ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan pelayanan kelancaran arus lalu lintas,” katanya, Kamis (23/6/2016).

Keputusan itu diberlakukan bagi kendaraan pengangkut bahan material, kendaraan truk tempel, truk gandengan, serta kendaraan kontainer, dan kendaraan pengangkut barang dengan sumbu lebih dari 2. Mereka dilarang beroprasi baik pada jalan tol maupun jalan non tol.

Selama dilarang beroperasi, seluruh kendaraan tersebut disarankan agar menepikan kendaraan pada masing-masing tempat yang menyediakan lahan parkir luas seperti Pom Bensin, tempat pemberhentian kendaraan barang, rumah makan yang memiliki lahan parkir luas. Serta layanan jasa yang menyediakan lahan parkir untuk kendaraan besar.

Jika tidak dipatuhi pengemudi angkutan barang, maka akan ditindak tegas. Seluruh jembatan timbang akan ditutup untuk digunakan sebagai tempat beristirahat bagi pengguna jalan. Diberlakukan sejak H-7 tertanggal (29/6/2016 sejak pukul 00.00 WIB sampai dengan H+7 pada (14/7/2016). Untuk menjamin keselamatan dan upaya menurunkan tingkat kecelakaan dijalan raya bagi para pengguna jalan selama mudik.

Untuk memantau kepadatan arus, Polres Tuban memusatkan pantauanya pada tiga titik, yakni Pos Pengamanan Sukolilo wilayah Kecamata Bancar, Pos Boom wilayah Kota, dan Pos Temangkar kecamatan Widang. “Untuk pos pelayanan dan peristirahatan bagi para pemudik, kami menyediakanya diwilayah Jatipeteng serta Pos Rest Area Tuban, seluruhnya dilengkapi TV, AC, dan dilengkapi saran bermain anak serta tempat untuk istirahat,” pungkasnya.

Diketahui, larangan tersebut dikecualikan bagi kendaraan angkutan barang yang mengangkuit Bahan Bakar Minyak (BBM), kendaraan pengangkut ternak, kendaraan pengangkut sembako, kendaraan pengankut susu, kendaraan pengangkut pupuk, dan kendaraan pengangkut barang antaran pos. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author