Published On: Rab, Apr 13th, 2016

Mulai 2017 SMA/SMK Diambil Alih Pemprov

Share This
Tags

TUBAN

Sekretaris  Pemkab Tuban, Budi Wiyana

Sekretaris Pemkab Tuban, Budi Wiyana

seputartuban.com – Dampak diberlakukannya Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, berdampak pada sejumlah aspek. Salah satunya pindahnya kewenangan pengelolaan pendidikan tingkat menengah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) ke Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana mengatakan bahwa pengelolaan SMA/SMK mulai 2017 harus diserahkan kepada Pemprov. “Rencananya akan diserahkan ke provinsi pada 2 Oktober 2016 mendatang,” katanya, Rabu (12/4/2016).

Saat ini masih dilakukan pendataan aset, mulai dari fasilitas sekolah dan juga tenaga pendidik dan kependidikan. Sebab semuanya akan dikelola dan menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

Namun demikian, Pemkab tetap memiliki pegawai yang membawahi sekolah-sekolah tersebut dan juga melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraannya. Serta memiliki tanggungjawab untuk memberikan bantuan terhadap sekolah-sekolah, tetapi bentuknya berupa hibah. “Karena berada di Kabupaten dan juga yang bersekolah adalah warga Tuban, Pemkab tetap mempunyai tanggungjawab memberikan bantuan,” ujarnya.

Saat ini Pemprov juga masih melakukan persiapan pembentukan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang merupakan kepanjangan tangan dari Dinas Pendidikan Provinsi di tingkat kabupaten/kota. Karena Dinas Pendidikan Provinsi tidak dapat menjangkau semua sekolah jika diawasi secara terpusat. “Propvinsi juga harus mempersiapkan SKPD sebagai kepanjangan tangan dinas pendidikan,” jelasnya.

Diketahui, saat ini di Kabupaten Tuban terdapat 28 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan 19 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN). MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author