Published On: Rab, Sep 23rd, 2015

MUI Tuban: Perusahaan Wajib Mengeluarkan Qurban

TUBAN

KH ABDUL MATIN: Perusahaan dan kantor pemerintah harus mengeluarkan qurban. Tujuannya agar bisa berbagi dan memberikan manfaat kepada warga sekitarnya.

KH ABDUL MATIN: Perusahaan dan kantor pemerintah harus mengeluarkan qurban. Tujuannya agar bisa berbagi dan memberikan manfaat kepada warga sekitarnya.

seputartuban.com– Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tuban, KH Abdul Matin, menyatakan perusahaan harus mengeluarkan qurban untuk warga yang ada di sekitar usaha itu berada.

Selain perusahaan, pemerintah pun juga harus mengeluarkan qurban sehingga masyarakat miskin bisa merayakan hari raya.

“Perusahaan dan kantor pemerintah harus mengeluarkan qurban. Tujuannya agar bisa berbagi dan memberikan manfaat kepada warga sekitarnya,” tegas KH Abdul Matin, Rabu (23/09/2015) sore.

Namun dalam mengeluarkan qurban, menurut dia, perusahaan maupun pemerintah harus berhati-hati. Sebab dalam berqurban harus ada niatnya. Ini untuk menghindarkan agar pelaksanaanqurban tidak melenceng dari tuntunan agama.

“Bila sampai salah niatnya, maka qurban itu akan berubah menjadi sodaqoh,” tegas Pengasuh Ponpes Sunan Bejagung Tuban ini.

Menurut Abdul Matin, dalam melaksanakan qurban perusahaan maupun kantor pemerintah harus melakukan konsultasi dengan para kiai atau tokoh agama yang paham aturan qurban.

“Qurban tersebut harus diberikan kepada orang yang benar-benar wajib menerima daging qurban,” tutur Matin mewanti-wanti. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author