Published On: Sab, Jun 3rd, 2017

Mudik Gunakan Sepeda Motor Harus Perhatikan Ini

Share This
Tags

seputartuban.com, TUBAN – Bagi para pemudik atau masyarakat yang akan merayakan lebaran dengan mengendarai sepeda motor harus menyiapkan sejumlah hal. Karena selain faktor jalan raya yang ramai, juga kondisi sepeda motor yang prima juga harus menjadi perhatian utama.

EKSTRA SIAP : Karburator menjadi perhatian penting agar kondisi mesin sepeda motor tetap prima

Menurut salah satu montir di Kecamatan Soko, Ahmad Adi Andrianto mengatakan kondisi mesin harus diperhatikan. Jangan hanya asal mau jalan saja. “Yang perlu dilakukan tentu saja adalah mengecek kondisi fisik motor, apakah motornya layak digunakan perjalanan mudik jarak jauh atau tidak,” terangnya, Sabtu (6/3/2017).

Menurut pemuda asal Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, yang kerap kali diamanati sebagai mekanik diajang kejuaraan Road Race tingkat provinsi tersebut mengatakan, bahwa hal yang perlu dilakukan pemudik sebelum bepergian adalah melakukan pengecekan oli mesin dan penggantian filter oli.

Cek kondisi busi,  kondisi kanvas rem roda depan dan belakang, cek ketinggian minyak rem, cek filter udara karburator, Periksa gear set (kondisi rantai dan gear depan belakang). Kemudian memastikan seluruh sistim kelistrikan berfungsi dengan baik, pastikan klakson berbunyi, periksa kondisi kabel gas dan kabel kopling, lakukan pengecekan apakah laker (Bearing) roda sudah oblak atau masih normal. Serta periksa alur kedalaman ban depan dan belakang.

Sedangkan untuk menyiasati agar konsumsi bahan bakar kendaraan lebih irit. Lanjut dia, cara yang dilakukan ialah cukup mudah, yakni lepas dan periksalah manifol (leher angsa) karburator. Jika diameter volume rongga dalam sedikit kasar, maka gosok dan haluskan menggunakan amplas ukuran 1000 hingga permukaan rongga bagian dalam halus.

Serta, ganti ukuran gear depan dari ukuran 14 menjadi ukuran 13.¬† Gear belakang dari ukuran 43 menjadi ukuran menjadi ukuran 36. “Menghaluskan bagian dalam lubang manifold itu bertujuan agar bercampurnya gas dan udara tidak tertahan pada kisi kisi manifold yang sebelumnya kasar. Sehingga gas yang tercampur dapat langsung masuk menuju ruang bakar. Sedangkan penggantian mata gear berfungsi meringankan putaran mesin untuk diteruskan menuju roda belakang,” imbuhnya.

Tips tersebut berlaku bagi kendaraan bersistim karburator (non injeksi). Dari riset sederhana yang sudah dilakukan tersebut dapat membuat konsumsi penggunaan bahan bakar lebih irit 15 hingga 20 persen dari pemakaian sebelumnya.

Sedangkan bagi pengendara, berbagai dokumen penting seperti surat kelengkapan kendaraan bermotor meliputi SIM, STNK, dan KTP harap dilakukan pengecekan. Hal itu untuk mengetahui apakah masa aktifnya dokumen-dokumen kendaraan tersebut masih berlaku. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author