Published On: Kam, Okt 19th, 2017

Montong Digoyang Gempa Bumi, Bangunan Sekolah Rusak

seputartuban.com, MONTONG – Warga Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Kamis (19/10/2017) sekitar pukul 10.00 WIB digegerkan dengan peristiwa gempa bumi. Meski tidak terlalu kencang, sejumlah warga beberapa desa bisa merasakannya, bahkan menyebabkan kerusakan bangunan.

RUSAK : Kondisi lantai SMPN 3 Montong rusak akibat gempa bumi

Di Desa Guwoterus, sejumlah warga yang beraktifitas tidak merasa guncangan. Namun bagi yang sedang bersantai merasakan ada gempa bumi. “Saya kaget kok goyang, saya lihat jam dinding goyang-goyang,” ungkap salah satu warga setempat, Rokim.
Berbeda yang terjadi di Desa Maindu, guncangan terasa lebih kuat. Saat kejadian sebagian besar warga berkumpul di warung atau rumah. Karena usai menanam jagung sehingga meluangkan waktu untuk bersantai atau kumpul di warung kopi.

Warga banyak yang berhamburan keluar rumah saat kejadian. Karena takut bangunan roboh atau tertimpa atap bangunan. “Yang tidak merasa ada guncangan, sadarnya helm yang ditaruh diatas sepeda motor jatuh, selain itu perabot rumah tangga juga jatuh,” ungkap warga.

PERIKSA BERSAMA : Anggota Polsek Montong dan Koramil Montong memeriksa bangunan sekolah yang retak

Info sementara, kejadian itu mengakibatkan Gedung SDN 1 Maindu dan SMPN 3 Montong retak. Sedangkan diantaranya ada rumah warga mengalami retakan kecil. Sementara itu, kepastian dampak buruk dari gempa bumi belum dapat dipastikan, karena masih dilakukan pendataan.
Kabar gempa bumi menyebar cepat, hingga akhirnya anggota Polsek Montong dan Koramil Montong mendatangi Desa Maindu untuk melakukan pengecekan lapangan. Bersama  masyarakat dan perangkat desa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiono menjelaskan pihaknya masih menindaklanjuti kejadian itu. “Info terakhir episentrum gempa ada di air terjun bongok di Montong,” katanya. 

Joko menambahkan akan tetap mendalami kejadian ini. “Meluncurkan tim ke pusat terjadinya gempa utk melakukan asessment.  Warga tidak perlu panik. Tapi tetap waspada karena getarannya sifatnya tidak merusak,” tegasnya. NAL

Facebook Comments

About the Author