Published On: Sen, Okt 3rd, 2016

Mobil Baru Senilai Miliaran Untuk Forkompimda Ditunda

TUBAN

rental mobil

ilustrasi

seputartiban.com – Rencana pengadaan kendaraan dinas untuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) terancam tertunda. Penundaan itu disebabkan karena adanya pengurangan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat.

Direncanakan semula sesuai dengan rancangan Perubahan APBD 2016, Pemkab Tuban menganggarkan pengadaan kendaraan dinas untuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) sebesar Rp 3,540,608,000. Sedangkan mobil dinas yang lama akan diperuntukkan bagi SKPD yang baru dan belum memiliki mobil dinas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana mengatakan bahwa dengan adanya pengurangan anggaran dari pemerintah pusat itu berdampak adanya pengurangan program yang sudah direncanakan. Seperti pengadaan kendaraan dinas bagi Forkompimda tertunda dan akan dilaksanakan bila sudah ada anggaran dari pemerintah pusat. “Tidak berarti dibatalkan atau dikurangi, tetapi ditunda menyesuaikan keuangan daerah,” katanya.

Sekda menambahkan bahwa pengadaan kendaraan dinas itu akan dilaksanakan pada awal tahun 2017. Itupun menunggu keuangan negara bila sudah ada dan mencukupi.  “Kita targetkan awal tahun 2017 sudah bisa terealisasi” sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, alasan kendaraan dinas berupa mobil jenis Kijang Inova pengadaannya sudah 5 tahun yang lalu. Rencananya akan diganti dengan mobil Pejero Sport Dakar sebanyak 6 unit dengan kisaran harga Rp 496,000,000 setiap unitnya. Akan diperuntukkan bagi Ketua DPRD, Wakil Bupati, Kapolres, Dandim, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri Tuban.

Sedangkan kendaraan dinas untuk Bupati akan diganti dengan mobil jenis Toyota Camry dengan kisaran harga Rp 564,608,000. Sedangkan sebelumnya mobil dinas untuk Bupati dan Wakil Bupati Tuban berupa mobil jenis Honda Accord dan Toyota Corola.

Diketahui, untuk saat ini Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat, Pemkab Tuban mengalami pengurangan anggaran sebesar Rp 113 miliar. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author