Published On: Kam, Okt 20th, 2016

Mobil Bak Terbuka Selama Haul Sunan Bonang Bebas Tilang

TUBAN

seputartuban.com – Selama pelaksanaan Haul Sunan Bonang, Polres Tuban mengizinkan seluruh kendaraan angkutan barang jenis bak terbuka untuk mengangkut penumpang. Tidak akan ditilang, hanya diberikan teguran lisan saja.

BEBAS : Peziarah Sunan Bonang yang menggunakan bak terbuka

BEBAS : Peziarah Sunan Bonang yang menggunakan bak terbuka

Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad menegaskan bahwa kendaraan bak terbuka diperbolehkan untuk mengangkut orang dalam hal kepentingan sosial atau darurat.

“Nanti akan timbul masalah sosial kalau kendaraanya kita amankan. Karena ini Haul, jadi kita hanya sebatas mengingatkan agar mereka tetap menjaga keselamatannya,” terangnya. Kamis (20/10/2016) pagi.

Pengecualian bagi kendaraan angkutan barang terutama jenis bak terbuka untuk mengangkut penumpang tersebut berdasark pada pasal 137 ayat (4) undang-undang no. 22 tahun 2009 LLAJ tentang kepentingan lain.

Menurut penjelasan pasal tersebut, yang dimaksud dengan kepentingan lain ialah kepentingan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan keamanan, sosial, dan keadaan darurat. Yang disebabkan tidak dapat menggunakan mobil penumpang atau mobil bus.

\penggunaan mobil barang untuk memuat orang itu dimaksudkan dengan tujuan, yakni menolong pejalan kaki yang ditemui di jalan ataupun menolong korban kecelakaan lalu lintas. Hal itu dapat dikategorikan sebagai kepentingan sosial atau keadaan darurat.

Dibolehkanya mobil barang untuk angkut orang tersebut atas pertimbangan pihak kepolisian dan Pemerintah Daerah, hal ini sesuai pasal 137 ayat (4) UU LLAJ huruf c. “Kami tetap memberikan himbauan bagi masing-masing pemilik kendaraan agar mematuhi ketentuan-ketentuan yang diizinkan,” pungkas Kapolres.

Meski demikia, penumpang tetap dilarang duduk diatas kabin atau ruang pengemudi, tidak duduk di besi bak kendaraan atau dibagian tepi bak kendaraan. Dilarang ugal-ugalan saat mengemudikan kendaraan, memasang penutup pada bagian atas bak, serta tetap patuh terhadap berbagai rambu-rambu lalu lintas. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author