Published On: Sen, Agu 6th, 2012

Minta Transparasi Perekrutan Kerja, Warga Demo IKPT

Share This
Tags

Penulis : Jibril / Hanafi

RENGEL

seputartuban.com – Ratusan warga Desa Banjaragung, Kecamatan Rengel,  Kab. Tuban melakukan aksi demo didepan pintu masuk kantor  Inti Karya Persada Mandiri (IKPT) di desa setempat, Senin (06/08/2012) menuntut agar dapat dipekerjakan.

Aksi yang diawali dengan jalan  dari Desa Sumberagung menuju kantor perusahaan yang bergerak dibidang penggalian pipanisasi MCL ini. Kemudian warga melanjutkan aksinya dengan berorasi didepan kantor. Warga menyampaikan tuntutan agar merekrut tenaga lokal, serta menolak segala bentuk menopoli praktek perekrutan tanaga kerja melalui perangkat desa.

Koordinator  aksi, Wijiono (36), warga desa setempat mengatakan bahwa unjukrasa ini merupakan bentuk kekecewaan warga dan penghapusan nepotisme yang dilakukan oleh rekrutmen dari desa. “disamping itu kita ingin agar warga lokal bisa direkrut untuk bekerja, minimal mencapai  70 % pekerjanya dari warga kami,” ujarnya.

Kemudian dengan mediasi aparat Kepolisian, 6 orang perwakilan warga dipertemukan dengan management IKPT didampingi Camat dan Kapolsek Rengel serta dengan Kades setempat. Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 1 jam tersebut membuahkan kesepakatan sesuai tuntutan warga, dan akhirnya membubarkan diri.

Sementara itu menurut Field Bisnis Manager  IKPT, Ivan Farigan saat dikonfirmasi terkait masalah unjuk rasa warga lokal tersebut terungkap habwa kurangnya keterbukaan perekrutan tenaga kerja. Sehingga memicu gejolak warga dan akhirnya melakukan aksi unjukrasa.

“Tapi untuk kedepanya sudah disepakati oleh masing – masing pihak bahwa pemberitahuan tentang peluang pekerjaan itu  akan disampaikan atau di umumkan melalui kecematan lalu desa kemudian kedusun- dusun, selain Kepala Desa, Karang Taruna, juga ikut mengetahui, ” jelasnya.

Adapun untuk konten lokal yang dimaksud warga adalah dengan perekrutan ini pihak perusahaan akan mengusahakan dari warga sekitar. Adapun untuk tenaga kerja ahli tetap diambilkan dari tenaga kerja profesional. “Usulan akan kami tampung, dan ditindak lanjuti,” pungkasnya.

Foto : Warga Desa Banjaragung, Kec. Rengel, Kab. Tuban saat menggelar aksi unjukrasa didepan Kantor IKPT

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos