Published On: Kam, Sep 29th, 2016

Minim LPJU, Pengguna Jalan Lintas Provinsi Resah

TUBAN

seputartuban.com – Pengguna jalan lintas provinsi Kecamatan Singgahan – Kecamatan Parengan saat melintas pada malam hari harus ekstra hati-hati. Karena kondisinya cukup gelap dan banyak ruas jalan yang jauh dari pemukiman warga.

MERESAHKAN : Kawasan jalan ini saat malam hari gelap dan sepi sangat diresahkan pengguna jalan

MERESAHKAN : Kawasan jalan ini saat malam hari gelap dan sepi sangat diresahkan pengguna jalan

Kondisi jalan relatif sepi dan tanpa Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU). Selain rawan kejahatan juga jika terjadi kendala teknis pada kendaraan, juga sangat merepotkan.

Erlanda, salah seorang pengguna jalan mengeluh dengan kondisi tersebut. “Ini akan memicu terjadinya tindakan kriminal” ujar pria yang berdomisili di Kecamatan Bangilan tersebut, Selasa (27/09/2016).

Dia berharap agar pemerintah segera melengkapi LPJU yang sangat dibutuhkan oleh pengguna jalan terutama pada malam hari. “Hal ini sangat bermanfaat sekali untuk memberikan rasa aman bagi pelintas jalan,” jelasnya.

Senada disampaikan Kapolsek Parengan, AKP Ahmad Kusrin, dengan minimnya LPJU dapat memicu terjadinya tindak kriminal. Karena keberadaan pelaku sulit terdeteksi.

Upaya yang sudah dilakukan, Polsek Parengan sudah mengirimkan surat kepada Pemkab Tuban agar sepanjang jalan Kec. Parengan – Kec. Singgahan dipasang LPJU. Namun upaya tersebut belum mendapat tanggapan berarti. “Terutama yang dari Ponco sampai Singgahan dan kearah timur mulai dari Ponco sampai perbatasan Soko, jalan itu sangat gelap dan sepi” ujarnya.

Dia berpesan kepada masyarakat agar selalu berhati-hati. Serta menghimbau agar melakukan upaya perlawanan jika menjadi korban kriminalitas. “Harus berani menjadi polisi sendiri,” harapnya.

Meski belum mendapat tanggapan terkait pemasangan LPJU, pihak Polsek Parengan terus berupaya mewujudkan keamanan diwilayah jalan tersebut. Dengan selalu aktif melakukan patroli yang dilakukan anggota Polsek Parengan.

Sementara itu, Kapolsek Singgahan, AKP Totok Wijanarko, juga berpesan kepada masyarakat agar selalu berhati-hati saat melintas jalanan tersebut. Karena beberapa waktu lalu telah terjadi penjambretan. “lebih baik jangan sendirian, terutama bagi perempuan,” himbaunya.

Totok menegaskan setiap selesai Magrib anggotanya juga melakukan patroli ke ruas jalan yang dianggap rawan ” biasanya di daerah perbatasan antara Parengan dan Singgahan,” pungkasnya. ROCHMATUL MINAN

Facebook Comments

About the Author