Published On: Ming, Jul 29th, 2012

Mewujudkan Kwalitas Pendidikan, Harus Dengan Tauladan Guru

Share This
Tags

Penulis : Hendra Tonik

TUBAN

seputartuban.com – Menjalani rutinitas sebagai Kepala Sekolah SLTP Negeri 7 Tuban serta menjalani profesi sebagai Trainer tingkat nasional, tentunya sangat menguras tenaga, itulah rutinitas Drs. Suntari M.Pd.

Namun, pembawaanya yang selalu tampil semangat, ramah dan santun ini, akan membuat siapapun betah untuk berdiskusi denganya. Beberapa hal disampaikan oleh Kepala Sekolah yang biasa diundang menjadi pembicara seminar atau trainning pembelajaran tingkat nasional ini.

Diantaranya adalah, prinsip seorang pengajar adalah tidak sekedar menyampaikan atau ceramah kepada siswanya saja. Harus turut serta menjalankanya sebagai bentuk suri tauladan dan motivasi. Khususnya hal-hal yang berkaitan dengan sikap atau moral.

Dicontohkan penerapan ibadah di sekolahnya dijalankan sesuai dengan kesadaran bersama untuk memberi tauladan kepada seluruh siswa. “saya selalu menggunakan pendekatan persuasif kepada seluruh staf dan anak didik yang ada di sekolah. Saat saya ingin anak-anak menjaga kebersihan, saya harus memberikan teladan untuk menyapu dan mengambil sampah. Saat saya menyuruh anak-anak sholat berjamaah , saya juga harus memberi teladan kepada mereka,” ungkapnya.

Tauladan dari seoarng guru akan lebih memudahkan untuk membentuk karakter siswa. Dengan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan intelektual, moral dan spiritual agar kemampuan anak-anak menjadi seimbang. “Semoga apa yang saya lakukan ini bisa mewujudkan Visa sekolah yaitu Membangun Insan Cerdas Paripurna,” ungkapnya.

Tak hanya itu, suami dari Muntianah yang juga menjadi Guru di SMA Ngeri 3 ini juga menambahkan bahwa, sebagai pengajar sudah seharusnya juga mengambil tauladan dari Rasulullah Muhammad SAW. Yakni dalam mengemban amanah harus bersikap Tablig, Amanah, Siddiq, fatonah.

Sementara itu, dalam kinerjanya sebagai kepala sekolah selama 2 tahun di  SLTP Negeri 7 Tuban, siswa-siswinya sering menjuarai lomba karya ilmiah. Prestasi lainya adalah juara lomba Karate Tingkat jawa Timur.

Disinggung keberadaan seputartuban.com, Suntari berharap media yang tergolong baru ini dapat mewarnai dunia pendidikan di Kabupaten Tuban. Dengan memberikan pemberitaan yang objektif dan berimbang.

 “Semoga portal online ini bisa menjadi bagian dari masyarakat Tuban, selalu memberikan informasi yang objektif, berkualitas serta dapat memberi pencerahan bagi para pembaca di kabupaten Tuban,” pungkasnya.

Diketahui, Drs. Suntari, M.Pd selain menjadi kepala sekolah juga seorang trainer seminar dan training pembelajaran Metode Pembelajaran Inovatif tingkat nasional ini. Beberapa prestasi pun telah diraihnya. Pada tahun 2003 , pria kelahiran Tuban, 14 September 1964 ini menjadi Finalis Lomba Keberhasilan Guru tingkat nasional. Tahun 2004 menjadi Guru Berprestasi tingkat Jawa Timur, selain itu, ayah dari tiga anak ini juga pernah mengikuti lomba Seleksi Buku Teks yang hasil karyanya dibeli oleh Bank Dunia.

Facebook Comments

About the Author