Published On: Sen, Okt 31st, 2016

Menteri LH dan Kehutanan, Minta Pemkab Serius Awasi Lingkungan

JENU

seputartuban.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,  Siti Nurbaya Bakar meminta agar Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten/Kota lebih serius awasi lingkungan. Terutama dampak yang disebabkan oleh perusahaan. Hal itu disampaikan saat meninjau lokasi rencana kunjungan Presiden RI di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Tuban, Sabtu (29/10/2016).

PEMKAB HARUS SIAGA : Menteri Lingkuhan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar dan Bupati Tuban, Fathul Huda beserta rombongan saat dilokasi penanaman pohon

PEMKAB HARUS SIAGA : Menteri Lingkuhan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar dan Bupati Tuban, Fathul Huda beserta rombongan saat dilokasi penanaman pohon

Saat diwawancarai seputartuban.com, ia mengatakan bahwa yang memiliki peran utama dalam pengawasan dan pengendalian kerusakan lingkungan adalah pemerintah Kabupaten atau Kota. Karena yang lebih dekat dan sudah ada lembaga yang bertanggung jawab melakukan pengawasan lingkungan yaitu Badan Lingkungan Hidup (BLH). “BLH Daerah harus lebih rajin turun kelapangan, bila ada kesulitan kita siap turun,” katanya.

Termasuk urusan lingkungan publik yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Pemkab diharapkan lebih responsif terhadap situasi lapangan. “Pemkab lebih responsip dengan situasi yang ada, dan memanfaatkan ruang yang terbuka,” harapnya.

Siti Nurbaya menambahkan bahwa pemerintah daerah harus lebih peka dan secepatnya merespon permasalahan lingkungan. Serta selalu melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pusat. “Bila memang Pemkab tidak bisa menyelesaikan masalah, kita akan turun langsung,” sambung Siti Nurbaya.

Tentang kerusakan lingkungan berpotensi dan dapat terjadi kibat aktivitas industrialisasi. Termasuk aktivitas tambang ilegal yang masih saja terjadi dan tidak terkontrol.

Masih menurut Siti Nurbaya, untuk wilayah di Jawa Timur kerusakan lingkungan belum seberapa dan masih dapat dikendalikan. Tetapi kalau daerah Jawa Barat sudah parah, sebab program jangka panjangnya adalah industrialisasi. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author