Published On: Ming, Okt 14th, 2012

Menteri BUMN Resmikan Pabrik Tuban IV

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

KEREK

seputartuban.com – Menteri Negara (Meneg) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan membuka sekaligus meresmikan Pabrik Tuban IV  PT. Semen Gresik, di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Sabtu (13/10/2012).

Peresmian Pabrik baru berkapasitas 26 juta ton pertahun ini membuat Semen Gresik Group makin tak tertandingi se-Asia. “Semen Gresik sekarang sudah menjadi  bintangnya, karena sejak tahun ini, telah naik kelas menjadi pabrik terbesar di Asia Tenggara, bahkan mengalahkan Semen Thailand, ” Ungkapnya.

Menurutnya, PT. Semen Gresik sudah tidak bisa ada yang bisa melampaui kapasitas produksinya, alasannya karena selalu melakukan ekspansi usaha. “Kalau perlu sampai luar negeri nanti,  Dernmar, Kamboja Vietnam, ” lanjutnya.

Dalam proses pembangunan pabrik berkapasitas 3 juta ton per-tahun ini membutuhkan waktu 30 bulan. Dan menggunakan tenaga Indonesia dengan nilai investasi mencapai Rp. 3,18 Triliun.

Direktur Utama PT Semen Gresik Dwi Soetjipto mengungkapkan pembangunan unit produksi baru ini dimulai sejak ground breaking 30 September 2009 lalu. Kemudian pada April 2012 sudah dilakukan Fire On oleh Meneg BUMN, Dahlan Iskan. Dan kemudian dilakukan commissioning hingga akhir Juni 2012.

“Pabrik Tuban IV mulai produksi secara komersial sejak 1 Juli 2012. Bahkan untuk beberapa mesin tertentu antara lain finish mill dan packer telah beroperasi sejak Januari 2012,” jelasnya.

Sedangkan untuk teknik pengerjaan, Semen Gresik membentuk sebuah Tim Proyek Tuban IV yang terdiri dari berbagai keahlian. Mulai engineering, procurement, construction dan commissioning.

Foto : Meneg BUMN, Dahlan Iskan saat acara peresmian

Facebook Comments

About the Author