Published On: Sab, Sep 12th, 2015

Menteri BUMN: PT SI Paling Efesien dan Inovatif

KEREK

Menteri BUM Rini Soemarno

                    Menteri BUM Rini Soemarno

seputartuban.com-Meski hingga sejauh ini PT Semen Indonesia (PT SI) ditengarai masih belum mengurai sejumlah problem sosial, namum Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno pmenyebut, Sebagai salah satu perusahaan yang efesien dan inovatif.

“Karena saat ini PT SI telah mampu mengembangkan pembangkit listrik dengan memanfaatkan gas buang,” kata Rini saat melakukan safari kerja ke PT SI di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Jumat (11/09/2015) siang.

Pembangunan pembangkit listrik itu berada di pabrik Tuban I-IV dengan kapasitas 30,6 MW. Proyek tersebut merupakan pertama kalinya di Indonesia dalam satu area seluruh panas buang, yang dimanfaatkan sebagai sumber listrik.

Menurut Rini, penggunaan teknologi ini merupakan yang kedua di perseroan setelah sebelumnya dibangun di pabrik Indarung Padang dengan kapasitas 8,5 MW dan sudah beroperasi pada tahun 2011.

Dengan pembangunan tersebut, perusahaan sudah melakukan penghematan biaya listrik sekitar Rp 120 miliar per tahun. Kebutuhan listrik untuk operasional empat pabrik itu sebesar 140 MW.

“Semen Indonesia sudah banyak melakukan efesiensi dan peningkatan kapasitas produksinya,” kata Rini sembari menyebut saat ini penjualan semen mengalami kenaikan 50 persen dibanding semester pertama.

“Bahkan semen yang belum diproduksi pun sudah terjual. Hal ini membuktikan bahwa pembangunan saat ini berjalan dengan baik,” tegas dia.  MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author