Published On: Sen, Mar 7th, 2016

Mentan Minta Pemkab Lebih Pro Petani Avour Kuwu

TUBAN

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman

seputartuban.com – Saat meninjau kawasan persawahan di kawasan Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Sabtu (5/3/2016) sore, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mempertanyakan kinerja Pemkab Tuban. Karena petani disepanjang Avoru Kuwu selalu menjadi langganan banjir tiap musim hujan.

Lahan pertanian di kawasan avour kuwu memanjang 18 KM melintasi Kecamatan Rengel, Kecamatan Plumpang dan Kecamatan Widang selalu tergenang saat musim hujan. Petani harus dilindungi negara, apalagi dalam mewujudkan swasembada pangan haru mendapat perhatian ekstra.

“Saat ini produksi pertanian ditahun 2015 meningkat jika dibandingkan kurun waktu selama 10 Tahun terakhir. Jangan sampai hasil pertanian dan swasembada pangan kedepan kita berada diujung kaki,” tegasnya.

Pemkab Tuban harus serius menyelesaikan masalah para petani. Karena lahan produktif menjadi tidak maksimal karena selalu menjadi korban banjir.

Jawa Timur merupakan penyokong swasembada pangan tertinggi setelah Provinsi Gorontalo, Sulawesi. Jika permaslahan klasik itu dapat segera terselesaikan maka sudah dapat dipastikan akan meningkat pula hasil pertaniaan Kabupaten Tuban.

Sekertaris Daerah (sekda) Pemkab Tuban, Budi Wiyana mengatakan pihaknya sudah melakukan normalisasi sungai pada beberapa titik. Dengah harapan mampu meminimalisir dampak genangan air saat musim penghujan.

“Kita sudah bertahap melakukan normalisasi dibeberapa titik, dan tahun ini sudah dialokasi pompa sementara 2 unit untuk membantu mempercepat penyusutan air,” lanjutnya.

Upaya Pemkab Tuban itu nampaknya belum berbuah banyak. Akibat tingginya curah hujan beberapa minggu terakhir mengakibatkan genangan air semakin meninggi. Hingga tanggul sungai avour di  Desa Magersari, Kecamatan Plumpang jebol, pada Sabtu (27/2/2016) lalu.

Bupati Tuban, Fathul Huda mengatakan bahwa sungai avour kini sudah diprogramkan untuk diperlebar serta peninggian tanggul. Bupati memprioritaskan akan menyegerakan pelaksanaanya tahun ini. “Karena tidak mampu menampung air hujan. Solusinya ya sunga avour ini diperlebar serta tanggulnya ditinggikan,” katanya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author