Published On: Sen, Mar 7th, 2016

Mentan Janji Beri Bantuan Benih Jagung Gratis 24.000 Hektar

GRABAGAN

JANJI DIBERI : Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman saat dialog dengan petani di Kecamatan Grabagan

JANJI DIBERI : Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman saat dialog dengan petani di Kecamatan Grabagan

seputartuban.com – Dalam kunjungannya ke Kabupaten Tuban, Sabtu (5/3/2016) sore. Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, melakukan panen jagung di Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan.

Dalam kegiatan yang Berlokasi di tengah sawah tersebut, Mentan juga melakukan dialog bersama kelompok tani. Terlihat antusias masyarakat yang hadir cukup tinggi. Berdasar arahan presiden, Mentan diminta melindungi petani. Salah satunya selalu hadir ditengah mereka untuk mendengar keluhan langsung dan mengambil keputusan sesuai fakta lapangan.

Mentan menyampaikan, dengan meningkatnya produksi jagung kabupaten Tuban, dia berjanji ditahun 2016 Kabupaten Tuban akan peroleh bantuan benih jagung untuk 24.000 hektar benih atau naik 480 persen dari tahun 2015. Yang telah menyumbang benih gratis untuk 5.000 hektar. “Karena melihat semangatnya Bupati, kita saksikan luas lahan jagung naik dari 80.000 ha menjadi 90.000 ha tahun 2015. Atau produksi jagung capai 720.000 ton tahun 2015,” kata Amran.

Dari audiensi itu petani juga mengeluhkan sulitnya mendapatkan pupuk. Dia juga berjanji akan menyelesaikan permasalahan klasik itu. Selain itu, dia menyampaikan pembangunan embung yang diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK) akan direalisasikan segera untuk warga. Pada tahun 2014 hanya sebesar Rp. 7 milyar untuk embung, sedang 2015 sebesar Rp. 23 milyar.

Terkait harga jual jagung selain dinas terkait wajib lakukan pemantauan, Bulog dipaksa siap menyerap atau mampu menampung hasil produksi jagung. Sementara itu, pihaknya juga terus mengendalikan impor. “Gak boleh dibiarkan impor seenaknya, karena kami harus melindungi petani,” pungkasnya.

Diketahui, dalam kunjungannya di kabupaten Tuban, Mentan juga melakukan kunjungan ke Desa Simorejo, Kecamatan Widang untuk meninjau lahan pertanian yang kebanjiran. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author