Published On: Rab, Mar 8th, 2017

Mentan Jani Beri Tiga Excavator

seputartuban.com, JENU – Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, Selasa (7/3/2017) saat berkunjung di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban berjanji akan memberikan bantuan 3 Excavator untuk meringankan beban petani. Karena selama ini hasil pertanian terpuruk karena sawah sering terendam saat sungai meluap.

DIALOG MENTAN : Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman saat berdialog dengan sejumlah Kepala Desa dalam kunjunganya di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Selasa (7/3/2017)

Hal itu disampaikannya ketika diskusi melibatkan perwakilan Kepala desa se Kabupaten Tuban, ditengah kunjungan kerjanya. “Agar pertanian semakin tertata dan hasil pertanianya semakin meningkat. Saya siapkan 3 excavator untuk digunakan menormalisasi sungai,” tegasnya.

Tiga alat berat yang ditaksir harga per unitnya mencapai Rp 1 milyar tersebut, dijanjikan akan diberikan untuk menunjang pertanian agar semakin lebih baik. Hal itu mengingat setiap musim hujan,  sawah yang berada di Desa Sugihwaras, Desa Sugiharjo dan Desa Sekardadi tidak lagi dapat lagi ditanami. Karena terendam luapan air sungai avour jambon yang mengalami pendangkalan.

Selain itu, beberapa sisi bibir sungai juga telah mengalami abrasi. Sehingga, jika tidak segera ditangani dan dibuatkan plengsengan (talut bronjong), dihawatirkan bibir sungai dapat ambrol sewaktu-waktu. Karena tidah mampu menahan volume air. “Jadi Kepala Desa berperan sebagai pengganti pengepul padi. Kemudian setor dulu seribu ton ke Bulog, maka akan saya percepat pengiriman excavatornya,” pungkasnya.

Diketahui, pengiriman excavator untuk normalisasi sungai akan dilakukan dengan syarat tiap desa mampu menyetor gabah sebanyak 1.000 ton ke Bulog dalam kurun waktu 1 kali masa panen. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author