Published On: Ming, Sep 16th, 2012

Menjalin Kebersamaan Nelayan, Dengan Lomba Perahu Hias

Share This
Tags

Penulis: Hanafi

JENU

seputartuban.com – Lomba Perahu hias yang dilaksanakan di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, kabupaten Tuban, Minggu (16/09/2012) berjalan meriah. Sebanyak 250 peserta itu datang dari warga sekitar, warga Kecamatan Tambakboyo, Kecamatan Bancar dan warga Kecamatan Tuban untuk mengikuti perlombaan.

Ketua Pantia, Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Desa Socorejo, Rohmat, menjelaskan bahwa, semua pelaksanaan lomba sepenuhnya didukung oleh PT. Semen Gresik. ” Semua pendanaan dari PT. Semen Gresik, sekitar Rp. 30 juta, saya sangat berterima kasih sekali, acara ini juga berkat kerjasama paguyuban nelayan, ” ungkapnya.

Kategori yang dilombakan panitia meliputi lomba hias perahu dengan ketentuan hiasan sesuai dengan gaya nelayan. Disamping itu pembagian hadiah juga dibedakan antara perahu srool dan perahu besar.
Salah satu peserta lomba hias, Sartaji (38), warga setempat, mengatakan bahwa dirinya menghias perahu lebih cerah, sebagai simbol semangat. “kalau begini biar kelihatan meriah dan lebih semangat,” tuturnya.

Selain itu lomba yang dibuka langsung oleh Camat Jenu, M. Mahmud, ini diharapkan sebagai ajang mengingkatkan kebersamaan sesama nelayan. “Mulai dari start peserta diharuskan melajukan perahu sebaik mungkin. Sehingga bisa terlihat kompak, ini memang ajaran nenek moyang terdahulu, agar dimanapun kita selalu saling membantu,” jelasnya.

Foto : Perlombaan perahu hias nelayan berjalan meriah

Facebook Comments

About the Author