Published On: Kam, Feb 4th, 2016

Menjaga Tetap Handal, Prajurit Kodim 0811 Tuban Ditempa

TUBAN

SEMANGAT : Prajurit Kodim 0811/Tuban saat mengikuti salah satu sesi latihan di halaman Makodim.

SEMANGAT : Prajurit Kodim 0811/Tuban saat mengikuti salah satu sesi latihan di halaman Makodim.

seputartuban.com – Prajurit Kodim 0811/Tuban mengikuti Latihan Perorangan Dasar (Latorsar) selama 2 minggu sejak  Rabu (3/2/2016) hingga Jumat (19/2/2016). Para Bintara dan Tamtama Makodim dan Koramil jajaran mengikuti kegiatan itu.

Latihan itu untuk tetap menjaga serta meningkatkan kemampuan dan ketrampilan prajurit secara perorangan. Karena tiap prajurit harus memiliki kriteria sesuai tingkat kecakapan sesuai dalam Buku Pedoman Umum Prajurit (BPUP) yang disandangnya.

Mereka dilatih materi dasar sesuai BPUP 1 sampai dengan 7. Antara lain teknik tempur, pengamanan dan intelejen. Ilmu medan, pengetahuan senjata, menembak, pionir, komunikasi dan petolongan pertama lapangan (Longmalap).

Latihan juga dilakukan untuk pembinaan jasmani militer (Binjasmil) diantaranya senam senjata, hanmars maupun speed mars. Materi-materi teritorial yang meliputi pembinaan teritotial, bagan teritotial, peta jarak, teknik mengumpulkan data dan kegiatan lainya.

Untuk metode dalam latihan itu agar efektif dilakukan dengan ceramah yang didukung audio visual. Sedangkan untuk memantapkan pemahaman dilakukan diskusi, pengamatan, peragaan dan praktek lapangan.

Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Sarwo Supriyo berharap latihan itu dapat membina dan meningkatkan kemampuan dasar prorangan prajuritnya. Sehingga dapat meningkatkan atau menunjang kelancaran pelaksanaan tugan satuan kewilayahan.“Dengan adanya kegiatan ini hendaknya seluruh prajurit agar benar-benar melaksanakan. Sehingga materi yang telah diberikan betul-betul bisa diterima. Dengan tujuan ilmu yang didapat dapat diterapkan dimasyarakat,” ungkapnya.

Terlebih bagi para Babinsa, yang berhubungan langsung dengan masyarakat. “Walaupun kegiatan ini pernah dilaksanakan sebelumnya, keberhasilan latihan bukan diukur dari telah selesainya kegiatan tersebut. Namun yang lebih penting adalah sejauh mana kesiapan satuan dalam menghadapi tugas yang akan datang,” tegasnya. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author