Published On: Rab, Apr 30th, 2014

Menggantungkan Hidup Dari Lahan Penghijauan PT. SI

Share This
Tags

KEREK

BERSYUKUR : Paisah (36) saat bercocok tanam dilahan green barrier PT Semen Indonesia

BERSYUKUR : Paisah (36) saat bercocok tanam dilahan green barrier PT Semen Indonesia

seputartuban.com – Paisah (36), warga Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, mendapatkan penghasilan dari pengolahan lahan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Perempuan janda yang hidup seorang diri ini dengan bertani dikawasan green belt.

Ia menanam jagung dan singkong dengan luas lahan seperempat hektar sudah dikelolanya sejak 2 tahun lalu. Sebelumnya ia menggarap disebelah barat pebrik yang saat ini dipakai untuk tempat penimbunan batu bara. “Selain ini saya tidak punya lahan lagi, sebelumnya saya menggarap lahan yang sekarang dipakai tempat batu bara itu. Ini sebagai salah satu sumber pencaharian saya,” katanya.

Selain bekerja sebagai petani, ia bekerja sampingan sebagai buruh tani. Namun ia menggeluhkan murahnya harga jagung, sementara harga bibit dan pupuk semakin naik dan sulit didapatkan. “Hasilnya ya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kalau tidak sambil bekerja diladang orang lain. Tapi saya sangat berterima kasih kepada perusahaan, karena sudah diperbolehkan memakai lahan ini,” ungkapanya.

Terpisah, Kasi Bina Lingkungan PT. Semen Gresik, Hery Kurniawan saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa lahan tersebut selama masih belum dimanfaatkan oleh perusahaan warga diperbolehkan menggarap lahan itu untuk pertanian. Selain itu para penggarap juga diberikan pendampingan dan pembinaan pertanian, sehingga bisa menambah wawasan bagi penggarap.

“Kita berikan pembinaan bagi mereka, dan lahan tersebut bisa dipakai untuk menambah penghasilan mereka. Nanti bila lahan itu akan dipakai, maka akan kita kasih tahu dulu penggarapnya,” kata Hery, Senin (28/04/2014).

Diketahui, lahan penghijauan yang dimanfaatkan untuk lahan pertanian warga seluas kurang lebih 125.000 hektar. “Saat ini kami sedang melakukan pemetaan untuk melakukan penambahan jenis usaha dilahan itu, seperti peternakan dan perikanan. Sehingga bisa meningkatkan tarap hidup warga sekitar nantinya,” harap Hery. MUHLISIN

Facebook Comments

About the Author