Published On: Rab, Jun 13th, 2012

Menerima Adiwiyata Menjadi Semangat Baru Siswa

Share This
Tags

Penulis : Hendra Tonik

TUBAN

seputartuban.com – SMA Negeri 1 Tuban merupakan salah satu diantaranya dari tiga penerima penghargaan Adiwiyata Nasional 2012 dari Menteri Negara Lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Waka Sarana dan Prasarana SMA Negeri 1 Tuban , Widi Kurniana kepada seputartuban.com, Rabu (13/06/2012) mengatakan bahwa Piagam ini didapatkan dengan komitmen bersama dari seluruh warga sekolah untuk menciptakan lingkungan yang asri dan sejuk agar suasana pembelajaran lebih efektif.

“Berbagai macam cara kami lakukan salah satu upaya adalah dengan mengadakan program Penanaman Sejuta Pohon, One Man One Tree, Pelatihan Pembuatan Komposting, Seminar , Studi Banding. Semua itu kami lakukan dengan semangat kebersamaan, kesadaran sehingga piagam ini bisa kami terima,” jelasnya.

Pasca penerimaan Adiwiyata, nampaknya menjadi semangat baru bagi para siswa dalam memperlakukan lingkunganya. Yakni para siswa ketika melihat sampah di halaman langsung dimasukan tong sampah yang telah disediakan.

“Selain itu kami juga bekerja sama dengan para pengepul untuk menciptakan sebuah program terbaru yang disebut “Bank Sampah”, dengan ini sampah-sampah yang terkumpul disetiap kelas kita tampung di Bank Sampah kemudian dijual kepada Pengepul dan hasil penjualan ini dimasukan ke rekening kelas untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan setiap kelas,” imbuh Widi.

Ketika ditanya mengenai upaya untuk mempertahankan piagam ini pada tahun-tahun mendatang, Wakasek  ini mengatakan bahwa pihak sekolah akan meningkatkan berbagai upaya dengan inovasi-inovasi baru.

“ ini merupakan tahun pertama kami mendapatkan piagam, tahun kedua kami akan meningkatkan upaya-upaya yang inovatif untuk kembali mendapatkan piagam yang serupa. Untuk itu kami mohon doanya semoga cita-cita kami bisa terwujud,” pungkasnya.

Foto : Piagam penghargaan Adiwiyata 2012

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos