Published On: Sen, Jul 9th, 2012

Mendorong Kerja Profesional, Bagian Ortala Lombakan Gelar Budaya Kerja

Share This
Tags

Penulis : Muhaimin

TUBAN

seputartuban.com – Sebagai bentuk membudayakan kerja profesional dalam melayani masyarakat, Bagian Organisasi dan Tata Laksana Pemkab Tuban melakukan Gelar Budaya Kerja. Kegiatan ini diikuti 20 Satuan Kerja Perangkat Desa (SKPD) beberapa hari lalu.

Kegiatan yang sudah dilakukan secara rutin selama 7 tahun ini mendorong terciptanya organisasi pemerintahan yang profesional. Pasalnya setiap SKPD diharuskan memiliki kelompok budaya kerja yang mampu menganalisa menginventarisasi masalah, analisa hingga pemecahanya.

Setiap kelompok tersebut harus mampu membuat konsep risalah sistem PDCA (Plant, Do, Cek, Action) yang diketahui oleh Kepala Satuan Kerjanya (Satker). Yakni  dengan melalui 7 tahapan. yaitu Menentukan tema, menganalisa penyebab, menguji dan menentukan penyebab yang dominan.

Selain itu juga, membuat alat ukur dan melaksanakan, meneliti hasil, membuat standar baru atau cara baru, serta mencari data baru dan menentukan langkah berikutnya. Melalui metode yang diperlombakan ini persoalan kerja khususnya dalam pelayanan masyarakat yang muncul di setiap Satker dapat dicarikan solusianya.

Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala), Pemkab Tuban, Hari Sunarno kepada seputartuban.com, Senin (09/07/2012) mengatakan bahwa perlombaan ini bertujuan  untuk membuat suatu komitmen untuk suatu tujuan kerja. Serta membudayakan secara profesional dan terkonsep serta seluruh analisa tersebut diketahui pimpinan.

“kegiatanya sudah 19 sampai 21 Juni Lalu. dan mereka kita lombakan dengan cara membuat demonstrasi di ruang pertemuan lantai 3 (Pemkab). Ini merupakan upaya Pemkab Tuban dalam mendorong peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Diketahui dalam perlombaan ini diikuti 20 perwakilan SKPD, Sekolah dan Puskesamas. Dan tiap tahunya selalu bergantian. Dan keluar sebagai jawara adalah Puskesmas Palang, SMAN 1 Parengan dan Puskesmas Kebonharjo.

“sebelumnya kita lakukan bimingan teknis dan selanjutnya kita lombakan. ini sudah 7 tahunya sejak saya menjabat sebagai Kabag tahun 2007 lalu. Ini selain memudahkan memecahkan persoalan juga sebagai membantu pimpinan dalam manajerial satuan kerjanya,” tegas Hari Sunarno, mantan Kabag Kesra Pemkab Tuban ini.

Foto : Kabag Ortala Pemkab Tuban, Hari Sunarno

Facebook Comments

About the Author