Published On: Kam, Sep 26th, 2019

Menarik Banget, Paket Wisata Integral Edu Creative Tuban Mulai Dilirik Wisatawan

seputartuban.com, TUBAN – Paket wisata edukasi di Kabupaten Tuban yang digagas sejumlah pihak di Kabupaten Tuban mulai didatangi wisatawan. Rabu (25/9/2019), sekolah dasar (SD) Alam Ar Ridho, dari Semarang mengajak siswanya untuk berwisata edukasi. Dengan mengunjungi pabrik Semen Indonesia, Desa Wisata Batik di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek dan terakhir di Desa Wisata Guwoterus Berbasis Sedekah.

Para siswa dididik melalui wisata yang integrasi. Mulai wisata industri di Semen Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan wisata budaya yakni pengenalan dan praktek membatik di Kerek. Kemudian terakhir wisata edventure River Tubing di Desa Wisata Guwoterus Berbasis Sedekah. Mereka juga disuguhi makanan khas, sambal cos burung dara.

Penggagas konsep ini, Cipnal Muchlip M, mengatakan konsep integrasi ini untuk pengembangan lintas kawasan dan lintas program. Efek positif bagi wisatawan juga sangat baik. Semen Indonesia menyambut positif program ini. Termasuk Desa Wisata Batik yang diresmikan Istri Wakil Presiden RI beberapa waktu lalu. “Ini langkah awal semoga mendapat dukungan dari para pihak untuk pengembangannya. Diskoperindag yang membidangi batik sangat baik mendukung program ini,” katanya.

Sekali paket wisata diorder, dampak ekonomi yang muncul juga beragam. Untuk detail tentang wisata ini masih perlu dimatangkan meski konsepnya sudah ada. “Ini potensi besar Tuban dapat bermanfaat untuk banyak pihak. Termasuk potensi UMKM dan lainnya dapat diimbangi juga,” imbuhnya.

Konsep ini menurut pria penggerak masyarakat itu pernah didiskusikan dengan pemerintah daerah. “Pemkab Tuban sudah ada tanggapan positif terkait dengan ini. Tinggal bahasa teknisnya perlu diseriusi oleh pejabat terkait,” tegasnya.

Bagi pihak yang akan menikmati paket wisata ini tidak perlu repot. Karena hanya menghubungi Pokdarwis Siaga Desa Wisata Guwoterus Berbasis Sedekah. Kemudian Pokdarwis ini yang melakukan koordinasi teknis lintas sektor. Paket wisata ini juga beragam, dapat disesuaikan dengan kepentingan pendidikan wisatawan. Mulai kerajinan bambu, sepeda alam, goa sampai outbound training maupun outbound motivation. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos