Published On: Sab, Jun 16th, 2012

Memeragakan Simulasi, Tim Penilai Lomba Poskamling Polda Jatim Terpana

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

JENU

seputartuban.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang Ke 66, Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) mengadakan Lomba Poskamling untuk setiap Polsek se-Jawa Timur, yang akan dinilai oleh Tim Penilai dari Polda Jatim.

Tim penilai dari Polda Jatim, yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penilaian AKBP Toha, Kompol Warsito, dan Kompol Nurlaila, jumat (15/06/2012) siang kemarin, giliran menilai Polsek Jenu, yang sebelumnya juga sempat mendapatkan penghargaan dalam hal pelayanan terbaik dan perolehan sertifikat ISO 9001-2012.

Tingkat Polres Tuban yang sebelumnya menggelar lomba serupa, berhasil menjadi yang terbaik yakni dari Polsek Jenu. Sehingga dalam penilaian kali ini tim polda Jatim mendatangi Poskamling di Dusun Jembel, RT 01, RW 06, Desa Sugihwaras, Kecamatan jenu, Tuban. Poskamling masuk Type ukuran A, yaitu luas lahan Poskamling 6 x 6 meter.

Penilaian dalam lomba kali ini meliputi Peran serta Masyarakat dan peragaan penanggulan masalah. Serta sejumlah fasilitas ruang jaga, ruang istirahat, kelengkapan administrasi, peralatan siskamling lainya.

Peralatan Poskampling yakni alat komunikasi, alat kesehatan, pemadam kebakaran, borgol, senter, rompi, buku administrasi, alat bantu pemadam kebakaran tradisional, kentongan,  dan TV.

Atas kondisi ini serta peragaan penanggulangan masalah tim penilai dari Polda Jatim sempat memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap adanya Poskamling di wilayah Polsek Jenu ini.

Setiap Poskamling yang dinilai harus memperagakan simulasi ronda dan penanganan kejadian. Untuk Poskamling Desa Sugihwaras ini, menunjukkan beberapa simulasi, diantaranya adalah simulasi adanya kebakaran, simulasi penangkapan pelaku pencurian, simulasi penanganan korban kecelakaan, dan  simulasi bencana alam.

Dari sekian banyak simulasi yang ditampilkan oleh petugas Pos Ronda Poskamling Desa Sugihwaras, tim penilai Polda Jatim sangat antusias hingga memberikan tepuk tangan sebagai tanda apresiasi dan penghargaan saat berhasil menampilkan simulasi itu.

Saat dikonfirmasi seputartuban.com, Sabtu (16/06/2012), kapolsek Jenu AKP Murni Khamariyah mengatakan, bahwa penilaian ini sebelumnya sudah dipersiapkan untuk menyambut tim penilai dari Polda Jatim, dalam acara memeperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke 66.

“kami sudah mempersiapkan semua hal yang berkaitan dengan penilaian Poskamling ini, sehingga apa yang nantinya akan dinilai, bisa kami tampilkan dan berikan, semoga bisa memperoleh juara,” harapnya.

Selain 3 personil tim penilai Polda jatim, turut hadir juga Kapolres Tuban AKBP  Awang Joko Rumitro, Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Primadi Saiful Sulun beserta pejabat Muspika Kecamatan Jenu, yang menyaksikan penilaian lomba Poskamling itu.

Foto : Usai lomba foto bersama di Mapolsek Jenu

Facebook Comments

About the Author