Published On: Rab, Jul 18th, 2012

Membanggakan, HIPPA Subur Makmur Terbaik Se-Indonesia

Share This
Tags

Penulis : Hendra Tonik

PLUMPANG

seputartuban.com – Kelompok petani Desa Klotok, Kec. Plumpang, Tuban nampaknya patut dibanggakan. Pasalnya berhasil mendapatkan juara 1 Lomba Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) tingkat nasional yang diselenggarakan pada tanggal 27 mei hingga 01 juni 2012 lalu, di Batam.

Kegiatan ini diikuti oleh 21 Provinsi di tanah air ini. Diantara kelompok peserta HIPPA yang berhasil lolos untuk masuk 5 besar adalah Jawa Timur yang diwakili oleh Tuban, Yogjakarta, Jawa Tengah, NTB dan Jawa Barat.

Kepala Desa Klotok, Suprayitno menuturkan kepada seputartuban.com, Selasa (17/07/2012) mengatakan prestasi ini sangat menggembirakan karena dari seluruh provinsi yang ikut, melalui Kelompok Petani Pengguna Air desa Klotok, Tuban menjadi peserta yang terbaik.

“Kelompok HIPPA yang kami punya sangat berkualitas. Dalam lomba yang diselenggarakan di Batam kemarin, kita dituntut untuk mempresentasikan profil, tanya jawab dan sarasehan yang diwakili oleh Koordinator HIPPA kami Purwanto dan Nursalim,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, kemenangan yang diperolehnya ini disebabkan oleh beberapa hal-hal teknis yang tidak dimiliki oleh kelompok-kelompok lainya. Diantaranya legalitas HIPPA, AD/ART yang dijalankan dengan baik.

Yang lebih penting lagi adalah sistem pompanisasi dengan mengambil air dari Bengawan Solo sudah memiliki izin melalui Unit P2T Surabaya. selain itu, melalui empat pompa induk air disalurkan ke 22 pompa diesel untuk mengairi lahan warga.

“Dan pada saat musim hujan kita sudah menyiapkan untuk pembuangan air yang menggenangi sawah setelah hujan turun. Untuk proses pembuanganya kita sudah menyiapkan tiga sungai kecil untuk mengatasi hal tersebut,” tutur Kades lulusan Pasca Sarjana UGM tersebut.

Selain itu, Kades yang juga mantan Dosen Universitas Wangsa Manggala ini juga menambahkan, bahwa Kelompok HIPPA binaanya ini juga sering menyabet juara ada beberapa lomba lainya, baik tingkat lokal, regional sampai nasional.

Yakni mendapatkan juara 1 HIPPA di Malang, juara 1 lomba desa tingkat Kabupaten yang mendapatkan hadiah Rp. 100 juta. Lalu hampir beriringan dengan lomba di Batam, Desa Klothok juga mendapatkan tinjauan lapangan dari Dirjen Kementrian Pertanian, Dirjen Kementrian Dalam Negeri, Dirjen Kementrian PU, Dosen IPB dan perwakilan dari LSM .

Sementara itu, menurut ketua HIPPA Subur Makmur, Suprayitno Keberadaan Kelompok Petani Pengguna Air ini sangat memberikan manfaat yang sangat besar terhadap mata pencaharian masyarakat Desa Klotok. Dengan lancarnya saluran irigasi pertanian tentu akan dapat mendorong hasil panen yang melimpah

“satu hektar tanah hasilnya mencapai 10 sampai 11 ton, Jumlah areal yang kami punya mencapai 600 hektar. Jadi penghasilan total keseluruhan musim panen kemarin mencapai Rp. 1 Milyar,” tuturnya.

Foto : Kepala Desa Klothok

Facebook Comments

About the Author