Published On: Kam, Nov 19th, 2015

Memasuki Hujan Waspada Deman Berdarah

TUBAN

SAIFUL HADI: Ambulan yang ada saat ini paling muda pembelian tahun 2009. Tapi kebanyakan pembelian  tahun 2005. Banyak yang sudah sering mogok saat mau dipakai.

Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Saiful Hadi mengatakan masyarakat agar lebih waspada terhadap beberapa penyakit saat musim Hujan. Diantaranya influinza, batuk, Ispa, diare , terutama demam berdarah (DB). Sebab berapa penyakit tersebut selalu menyertai saat perubahan musim.

“Masyarakat agar waspada terhadap penyakit yang disebabkan perubahan musim,” kata Kepala Dinkes Tuban, Saiful Hadi, Rabu (18/11/2015).

Dengan selalu menjaga kesehatan, dengan cara mejaga kebersihan lingkungan serta juga pola makan sehat. Sebab beberapa penyakit seperti batuk, diare dan flu itu disebabkan karena makanan yang dikonsumsi.

“Kita harus mengurangi makanan seperti jajanan yang mengandung minyak goreng dan minuman es, sebab itu menjadi penyebab,” sambungnya.

Untuk penanganan DB, Dinkes akan melakukan penyemprotan atau Fogging. Namun masyarakat tetap diharapkan menjaga kebersihan penampungan air agar tidak menjadi sarang nyamuk penyebab DB. “Seminggu sekali bak air agar selalu dibersihkan dan juga genangan air dibersihkan,“ pesannya.

Diketahui, Data Dinkes Tuban, tahun 2014 sebanyak 19 orang terserang DB. Sedangkan tahun 2015 sejak Januari hingga Nopember tercatat ada sebanyak 11 orang terserang demam berdarah (DB).

Masyarakat jika terserang DB agar segera dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit. Atau segera melaporkan ke Dinkes agar segera mendapatkan penanganan medis. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author