Published On: Jum, Mar 18th, 2016

Memabukkan Namun Tidak Dapat Dijerat Hukum

TUBAN

inilah jamur yang memabukkan/ google image

inilah jamur yang memabukkan/ google image

seputartuban.comMagic mushroom yang lebih dikenal dengan nama masrum, atau jamur  yang tumbuh pada kotoran sapi setelah beberapa hari. Kini mulai ramai diperbincangkan dikalangan tertentu. Karena jika dikonsumsi memiliki efek serupa dengan Narkoba.

Pantauan seputartuban.com pada sejumlah kalangan pemuda mengatakan efek jamur itu dapat menyebabkan penggunanya tertawa terbahak-bahak. Untuk memperolehnya tidak sulit dan tidak perlu beli. Mereka hanya mencari diantara tumpukan kotoran sapi. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Menurut penghobi jamur mabuk itu, dengan nama panggilan berinisial N (23), A (19), G (25), pemuda asal Kecamatan Palang itu menceritakan bagaimana cara dan efek jamur saat dikonsumsi. Mereka biasanya memasukkan jamur dalam air mendidih, ketika jamur sudah masak dicampur ditiriskan lalu campur dengan mie instan dan telur. Sedangkan sisa air seduhan jamur dibuat untuk menyeduh kopi.

Efeknya dapat dirasakan setelah 15 menit kemudian setelah konsumsi masrum itu. Mereka ketika melihat temanya merasa lucu dan aneh. Dan serasa mudah tertawa, sehingga terasa lepas tanpa beban.

“Ya setelah makan, asik aja ngobrol dengan teman-teman nanti suasanya akan menjadi indah sendiri, lucu karena ngelihat teman yang sikapnya menjadi aneh, senyam senyum sendiri. Sampai tidak bisa ngontrol ketawa dan teman yang lain ikut ngetawain,” terangya Rabu (15/3/2016) malam.

Menanggapi mulai maraknya penggunaan jamur yang memiliki kandungan memabukkan setara dengan ganja. Kasat Res Narkoba Polres Tuban, AKP I Made Patera Negara mengatakan bahwa pihaknya belum dapat berbuat.

“Selain belum ada aduan dari masyarakat, hukum untuk pengguna magic mushrom belum ada aturan dasar hukum dan perundang-undangan yang secara jelas. Untuk melarang penggunaan dan peredaranya,” katanya.

Namun ditegaskan konsumsi masrum secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Karena orang yang memakannya akan berada di bawah pengaruh efek halusinasi parah. “Menjadi berbahaya bila saat di bawah kesadaran itu kemudian melakukan aktifitas berisiko, seperti mengemudikan kendaraan bermotor,” pungkasnya.

Konsumsi berlebihan jamur itu akan mengalami perasaan yang takut sekali atau bahkan senang sekali. Sesuai apa yang dipikirkanya saat itu, atau merasakan gembira dengan dirinya sendiri. Hingga sangat fokus dengan apa yang dilakukan atau dipikirkan saat itu dan melupakan segalanya.

Diketahui, tanaman jenis ini termasuk ke dalam jamur (meskalin, psilisibin, mushroom) sebagai halusinogen yang memiliki kandungan setara dengan ganja.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author