Published On: Rab, Jul 3rd, 2019

Masyarakat Tuban Antusias Menyambut Kedatangan Api Abadi

seputartuban.com, TUBAN – Api abadi yang akan digunakan untuk upacara pembukaan pekan olahraga provinsi (porprov) VI Jawa Timur 6 Juli .kini sudah sampai Di Tuban. Api abadi yang semula di ambil dari tempat wisata kahyangan Api ,Senin(1/7/2019) disemayamkan di pendapa Malowopati Kabupaten Bojonegoro.

Cremonial penerimaan api porpro dari Bojonegoro

Dan kemudian,Selasa (2/7/2019) diserahkan pada ketua panitia porprov Kabupaten Tuban di tengah Jembatan Glendeng, Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Api diterima Ketua Panitia Porprov Kabupaten Tuban, Budi Wiyana. Selanjutnya, dari tengah jembatan penghubung Tuban-Bojonegoro dan api bawa atlet sambil berlari menuju lapangan Desa Simo.

Prosesi kirap Api Abadi tersebut,yang diikuti beberapa komunitas yang ada di Tuban. Kedatangan api abadi tersebut disambut langsung oleh wakil Bupati Tuban,Noor Nahar Hussain. Pengurus KONI dan tamu undangan serta masyarakat di Alun-Alun Tuban. Selanjutnya, api akan disemayamkan di Pendapa Kridho Manunggal Tuban. Api akan menginap semalam di pendapa. “Dalam prosesi ini, masyarakat cukup antusias sekali dan tentunya. Kita juga harus merasa bangga menjadi Tuan Rumah dalam pekan olahraga bergengsi ini,” kata wabub dalam sambutannya.

Selain itu, pada Rabu (3/7/2019) pagi, api abadi akan kembali diarak menuju Dukuh Lohgung, Desa Karangagung Kecamatan Palang. Selanjutnya, penyerahan api abadi  akan dilakukan di tengah jembatan yang menghubungkan Kabupaten Tuban dan Lamongan. Kemudian diarak menuju Lamongan.

Sama seperti di Tuban dan Bojonegoro, api tersebut akan disemayamkan dan menginap semalam di Pendapa Lokatantra Lamongan. Sehari kemudian akan diarak keluar Lamongan untuk diserahkan pada tim penjemput dari Kabupaten Gresik. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos