Published On: Sel, Des 22nd, 2015

Masih Sliweran di Jalanan Tuban Truk Bermuatan Menggunung

TUBAN

Dibiarkan : Truk pengangkut sekam padi masih sliweran di jalanan Tuban

Dibiarkan : Truk pengangkut sekam padi masih sliweran di jalanan Tuban.

seputartuban.com – Senin (21/12/2015) pukul 05.30 WIB, di jalan pantura Tuban, kawasan Kepet, Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, truk bermuatan sekam padi terguling. Diduga kuat akibat muatan truk menggunung, sehingga beban tidak sebanding dengan kapasitas kendaraan.

Akibat kecelakaan lalu lintas tunggal tidak terdapat korban jiwa. Namun menyebabkan jalan pantura macet sesaat. Karena proses evakuasi membutuhkan waktu tidak sebentar.

Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Dyno Indra Setiadi membenarkan jika penyebab kecelakaan karena truk bermuatan melebihi kapasitas. “Kendaraan itu terguling karena beban muatannya melebihi kapasitas yang dianjurkan,” ungkapnya.

Hasil pantauan seputartuban.com, truk yang bermuatan sekam padi tidak hanya lalu lalang di jalan protokol Kabupaten Tuban. Kawasan jalan Montong-Kerek, Tuban-Kerek juga sering melintas truk serupa. Bahkan saat jalan raya banyak pengguna jalan mereka tetap melintas.

Kendaraan truk, truk engkel hingga mobil pik up mengangkut sekam padi berlebihan. Beberapa diantaranya melintas secara beriringan dengan mengangkut sekam padi menggunung.

Kondisi ini selain membahayakan pengguna jalan lain, juga membahayakan pengemudi. Di kawasan jalan poros Kecamatan Montong – Kecamatan Kerek, setidaknya pernah 2 kali terjadi kejadian serupa.

Menanggapi hal ini Kasat Lantas mengaku sudah bertindak tegas. Serta seluruh personilnya dilapangan sudah bertindak sesuai aturan. Namun karena kesadaran masyarakat untuk tertib lalu lintas masih rendah, truk mengangkut berlebihan ini masih sliweran di jalanan Tuban.

“Bukan dari kami yang minim memberikan penindakan. Penindakan rutin kami lakukan dibuktikan dengan data tilang yang kami miliki. Namun terlepas dari itu, banyak pengemudi atau pengguna jalan yang masih minim tentang pemahaman kesadaran hukum beralalu lintas,” imbuhnya.

Dyno mengaku selain menyampaikan terguran dan sosialisasi melalui kendaraan patroli. Pihaknya sudah menilang kepada pengemudi mengangkut melebihi kapasitas kendaraan. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author