Published On: Kam, Jan 21st, 2016

Mapolres Tuban “Diserang” Teroris

TUBAN

pengamanan mako1seputartuban.com – Rabu (20/1/2016) Mapolres Tuban digegerkan  akibat serangan sekelompok bersenjata api. Komplotan itu beberapa menembak kearah pos penjagaan. Kemudian menodongkan senjata api larang panjang kearah petugas penjagaan dengan meminta agar tidak bergerak.

Sambil mengacungkan senjata, teroris mengancam akan meledakkan Mapolres. Aksi itu dengan cepat dibalas anggota Polres Tuban dari berbagai fungsi. Aksi saling menembak antara komplotan itu dan petugas Polres Tuban terjadi.

Perlawanan sengit dilakukan aparat Polres Tuban dengan personil terbagi beberapa regu. Petugas menembaki pelaku dari berbagai posisi. Beberapa diantaranya tiarap dan lainya berlindung dibalik mobil. Aksi itu berlangsung hingga sekitar 15 menit. Akhirnya sejumlah pelaku tewas ditembak dan lainya mengalami luka.

Usai melumpuhkan kelompok bersenjata, dan mengamankanya. Tim penjinak bom memeriksa benda yang sebelumnya dilempar pelaku. Setelah dipastikan keamananya, benda tersebut diamankan.

Kapolres Tuban, AKBP Guruh Arif Darmawan mengatakan kegiatan simulasi pengamanan Markas Komando (Mako) sebagai wujud antisipasi dan kesiapan. Dari segala bentuk kemungkinan gangguan keamanan atupun teror. Selain itu menyikapi kejadian aksi terorisme yang terjadi di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Seluruh anggota jajaran sudah kita latih baik secara tehnik dan taktik. Termasuk memahamkan mereka tentang berbagai regulasi dan aturan sesuai dengan perundang-undangan tentang apa yang harus dilakukan,” ungkapnya.

Kegiatan pra pelatihan sudah dilaksanakan jauh hari, praktek simulasi dilaksanakan. Untuk melakukan pengamanan Mako. “Seluruh pangkaiannya sudah kita simulasikan. Diberharapkan setelah dilaksanakanya simulasi pengamanan mako ini seluruh anggota jajaran tidak bingung. Tentang langkah apa yang akan diambil ketika mendapat ancaman. Sehingga mereka faham dengan betul tentang tindakan yang akan diambil,” lanjut Kapolres Tuban.

Fungsi Lantas, fungsi Sabhara, fungsi Reskrim, fungsi Intelkam, dan fungsi Bimmas dilibatkan dalam simulasi dengan total 206 anggota. Simulasi ini tidak hanya untuk pengamanan Mako, namun juga untuk objek vital maupun tempat publik. Seluruh fungsi di jajaran Polres Tuban selalu siap siaga 24 jam.

“Seluruh fungsi akan kita hitung mulai dari kesigapanya berapa menit dan berapa lamanya.  Cara menanggapi masalah dan penyelesaian masalah. Diakhiri oleh Bimmas yang memberikan pengarahan kepada seluruh publik jika seluruh lokasi yang ditentukan atau dinyatakan tersebut sudah steril dari ancaman,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author