Published On: Jum, Jun 20th, 2014

Manjakan Industri Pemkab Siapkan 12 Ribu Hektar

TUBAN

KESEIMBANGAN: Kabupaten Tuban sebagai sentra pertanian komitmen akan menjaga lahan produktif tidak dicaplok.

KESEIMBANGAN: Kabupaten Tuban sebagai sentra pertanian komitmen akan menjaga lahan produktif tidak dicaplok.

seputartuban.com–Jagad industri menjadi salah satu fokus besar Pemkab Tuban yang diikhtiarkan  menjadi bagian penting dalam mengaal proses pembangunan ke depan. Berkaitan itu, saat ini Pemkab Tuban menyiapkan 12,832 hektar lahan yang diperuntukkan sebagai daerah industri.

Lahan tersebut tersebar pada beberapa kecamatan yang membentang sepanjang kawasan pantura  seperti Kecamatan Jenu, Tambakboyo, Palang, Bancar, Kerek dan Kecamatan Merakurak. Rencana tersebut sesuai amanat Perda Nomor 09 Tahun 2012 tentang rencana tata ruang Wilayah (TRRW) Kabupaten Tuban tahun 2012-2032.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuban, Budi Wiyana, mengatakan langkah tersebut merupakan bentuk kesiapan dan keseriusan pemerintah daerah mengawal proses industrialisasi ke depan. Selain itu, juga sebagai acuan para pelaku industri yang akan berinvestasi di Tuban.

“Nantinya para nvestor tinggal melihat daerah-daerah yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah daerah,” kata Budi Wiyana, Jumat (20/06/2014).

Dijelaskan, selain menyiapkan lahan industri pemerintah daerah juga akan melakukan pembangunan inflastruktur. Terutama jalan yang ada di sekitar daerah industri. Hanya saja skala pemabngunannya disesuaikan dengan anggaran daerah yang ada.

Hal lain, sambung dia, juga akan melakukan kerjasama dengan instansi terkait seperti PLN untuk menyiapkan sumber daya listrik sebagai salah satu bagian vital. Tapi yang pasti, selain itu akan mengoptimalkan anggaran yang sudah direncanakan oleh pemerintah daerah.

“Kita juga melakukan promosi agar bisa bersaing dengan daerah yang lain. Sebab tanpa promosi investor tidak akan tahu potensi yang ada di Kabupaten Tuban,” tandas Budi.

Sementara terkait sumber daya manusia (SDM) lokal, Pemkab Tuban akan mempersiapkan tenaga ahli melalui pendidikan formal ketrampilan sehingga nantinya warga bisa siap apabila Tuban benar-benar menjadi daerah industri.

Termasuk memperhatikan lahan pertanian dengan meningkatkan hasil produksi. Sebab, Tuban termasuk daerah produktif dan perlu adanya pelestarian lahan tersebut.  MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author