Published On: Sel, Agu 7th, 2012

Mamin Tak Berlabel Hingga Buah Busuk Masih Dijual

Share This
Tags

Penulis: Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Untuk mengurangi makanan atau minuman yang beredar tidak sesuai ketentuan, Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban, bersama petugas kepolisian dan Satpol PP, melakukan  razia makanan dan minuman (Mamin)  di 1 Toko dan 2 Swalayan, yang ada di Kabupaten Tuban, Selasa (07/08/2012).

Razia yang pertama di salah satu toko yang berada di Jl.Sunan Kalijogo, petugas menemukan 6 jenis makanan yang tidak ada label tanggal kadaluwarsa. Serta jajanan yang tidak melengkapi pelabelan diantaranya adalah Kripik tempe, kacang polong, cum-cum, kacang sembunyi dan kue semprong.

Kemudian razia dilanjutkan ke Swalayan yang berada di kawasan Jl. Dr Soetomo. Saat razia dilakukan, petugas mendapati sejumlah buah yang busuk seperti buah anggur dan pier, serta makanan yang tanpa label kadaluwarsa.

Demikian juga saat petugas melanjutkan razia di swalayan yang berada di Jalan Basuki Rachmad, petugas menyisir daerah jajanan kaleng dan memeriksa satu persatu. Hasilnya hanya didapati kemasan kaleng yang rusak. Kemudian petugas kembali memeriksa jajanan dan olahan jadi, hanya diperoleh jenis makanan dan olahan yang label tanggal kadaluwarsanya tinggal beberapa bulan lagi.

Parsel lebaran yang ada di depan Swalayan tersebut juga menjadi perhatian petugas untuk memeriksa. Parsel yang sudah terbungkus rapi itu juga terpaksa dibuka dan diperiksa, hasilnya petugas tidak menemukan jenis makanan yang rusak ataupun kadaluwarsa.

Kepala Seksi Usaha, Bidang Perindustrian, Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Edi Sukirno saat dikonfirmasi seputartuban.com, menjelaskan bahwa razia ini merupakan dalam rangka mengamankan konsumen dari makanan dan minuman yang sudah tidak layak konsumsi. Selain itu juga mengantisipasi menjelang idul fitri yang banyak dijual makanan dan muniman olahan siap saji.

“Razia ini bertujuan untuk melindungi konsumen menjelang idul fitri, adapun adanya temuan jajanan yang kurang memenuhi pelabelan kita sampaikan pada manajernya, karena tidak terlalu signifikan pengaruhnya,” ujarnya.

Foto : Saat Razia Mamin dilakukan

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos