Published On: Rab, Feb 10th, 2016

Makin Marak Nikah Dibawah Umur Karena Sudah Hamil

TUBAN

Ceraiseputartuban.com – Selama 2015 permohonan dispensasi kawin yang diajukan ke Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Tuban mengalami peningkatan. Dibanding tahun 2014 kenaikanya hingga 60 persen sampai 70 persen.

Wakil Panitera Pengadilan Agama Tuban, Ahmad Busyiril mengatakan seluruhnya yang mengajukan dispensasi kawih tersebut sudah dalam keadaan hamil sebelum dinikahkan. “Rata-rata mereka yang mendapatkan dispensasi nikah itu beberapa diantaranya sudah dalam keadaan hamil sebelum dinikahkan. Sedangkan sisanya sudah pernah melakukan hubungan badan hingga diketahui orang tuanya dan kemudian dinikahkan,” terangnya.

Data dispensasi kawin laporan tingkat pertama yang diterima Pengadilan Agama Kabupaten Tuban selama Tahun 2015 seluruhnya berjumlah 221 perkara. Rincianya 22 perkara pada bulan Januari, 24 perkara pada bulan Pebruari, 26 perkara pada bulan Maret, 20 perkara pada bulan April, 13 perkara bulan Mei, 26 perkara bulan Juni, 16 perkara bulan Juli, 17 perkara bulan Agustus, 11 perkara bulan September, 17 perkara pada Oktober, 19 perkara bulan Nopember, dan 10 perkara bulan Desember.

Dari jumlah laporan itu, yang diputus oleh hakim selama 2015 sebanyak 215 perkara. Hanya terpaut 6 perkara dibanding jumlah yang dilaporkan. Tingginya pernikahan dini tersebut hampir sebanding dengan tingginya angka perceraian ditahun 2015. Setelah diketahui sebanyak 200 perkara kawin dibawah umur menjadi kasus tertinggi kedua penyebab perceraian.

“Permasalahan klasik, ya karena kawin dibawah umur itu menjadi penyebab belum siapnya membina sebuah keluarga. Rata-rata mereka masih bersikap kekanak-kanakan sehingga cek cok tidak bisa dihindarkan,” pungkasnya.

Kasus perceraian dibawah umur tersebut menempati peringat terbanyak kedua penyebab cerai di PA Tuban. Setelah peringkat pertama sebab perceraian karena tidak ada tanggung jawab suami. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author